Sunday, December 5, 2010

Data 10 Negara Penderita HIV/ AIDS terbanyak, betulkah akurat?....

Postingan yang lalu telah menjelaskan pertumbuhan penderita HIV/AIDS Dunia, dimana grafik selalu meningkat dari tahun ketahun.

Sekarang saya ingin memberitahu berdasarkan data sekunder yang didapat di internet, tentang 10 Negara paling banyak warganya mengidap HIV/AIDS didunia dari 128 negara yang dipublikasikan.

Sebagai berikut datanya(2009):

Sumber: http://www.globalhealthfacts.org

Jika kita amati tabel yang di publikasikan www.globalhealthfacts.org, jawara penderita HIV/ AIDS terbanyak adalah Negara berkembang,yaitu sekitar 75 persen. Seandainya kita klasifikasikan berdasarkan Benua, maka Benua hitamlah Kampiunya.

UNAIDS ( United Nations Programme on HIV/AIDS) sebagai badan dunia yang paling berkompeten terhadap penanggulangan HIV/AIDS belum mempublikasikan data akurat penderita HIV/AIDS tahun 2010.

Globalhealthfacts.org meninggalkan catatan kecil di akhir data, bahwa data merekalah yang paling akurat, sedangkan UNAIDS hanya memperkirakan dan memberi rentang saja terhadap penderita terbanyak dimasing-masing negara.

Penyakit HIV/ AIDS sekarang ini tidak saja isu kesehatan, tapi telah merambah isu global tentang politik,ekonomi, sosial dan budaya.

Pemerintah India pernah memprotes keras tentang data global yang menggambarkan India sebagai negara penderita HIV/ AIDS terbesar di dunia. Ketua lembaga pemberantasan AIDS India mengatakan laporan bahwa India sebagai penderita AIDS terbanyak didunia adalah omong kosong.

Catatan:
Berdasarkan data globalhealthfacts.org, Indonesia berada diurutan 15 dengan jumlah penderita 310,000 jiwa, sementara data yang dikeluarkan Kemenkes Secara kumulatif kasus AIDS di Indonesia sejak 1 Januari 1987 sampai dengan 31 Maret 2010, adalah sebanyak 20.564 kasus.

Bagaimana pendapat anda terhadap data yang dikeluarkan globalhealthfacts.org? apa bisa kita percaya dan mungkinkah isu HIV/AIDS senjata ampuh untuk memperburuk citra suatu negara? mengingat implikasinya dibidang ekonomi, dimana investor akan enggan berinvestasi serta turis mancanegara takut berkunjung pada suatu negara yang diberi label negara penderita HIV/ AIDS tertinggi atau terbanyak dunia.

Referensi:
http://www.globalhealthfacts.org/topic.jsp?i=1&srt=2#table
http://www.unaids.org/GlobalReport/Global_report.htm
http://www.aidsindonesia.or.id/repo/LT1Menkes2010.pdf
http://berita.kapanlagi.com/pernik/disebut-negara-penderita-aids-terbanyak-india-berang-ftd8fwz_print.html

Artikel Terkait:

5 comments:

  1. Hmmm...klo begitu saya jadi bingung sob,kok bisa Indonesia berada diurutan 15 dengan jumlah penderita 310,000 jiwa, sementara data yang di keluarkan Kemenkes Secara kumulatif kasus AIDS di Indonesia sejak 1 Januari 1987 sampai dengan 31 Maret 2010, adalah sebanyak 20.564 kasus.

    Weleh..weleh.

    ReplyDelete
  2. mungkin mereka membikin sampel dan data dari menteri kesehatan masing2 negra dan melakukan pengolahan data sesuai standar mereka..sya rasa cukup terpercaya..thanks medianers salam kenal y..

    Pena Aksi

    ReplyDelete
  3. masya allah... dunia ini sudah tua, zaman sudah kembali seperti zaman jahiliyyah.. mudah2an kita selalu di lindungi Allah swt Amiiin...

    ReplyDelete

Terima kasih atas waktu dan kunjungan anda. Ditunggu kedatangannya di lain waktu.