Friday, June 10, 2011

Teknik Khitan (sirkumsisi) dengan flashcutter

Cara sunat dengan smart klamp atau memotong kulup menggunakan smart clamp telah di jelaskan pada postingan dengan judul Sirkumsisi ( Khitan / sunat) dengan smart clamp,  pada postingan ini saya ingin berbagi tentang cara sunat dengan teknik flashcutter. Sebelumnya saya ingin menekankan pengertian sirkumsisi agar kita satu pemahaman.


Sirkumsisi,sunat atau khitan adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan penis atau preputium (kulup), bertujuan untuk membersihkan dari berbagai kotoran penyebab penyakit yang mungkin melekat pada ujung penis yang masih ada preputiumnya.

Prinsip pertama sebelum melakukan sirkumsisi yaitu melakukan pengkajian dan pemeriksaan, yang perlu dikaji apakah pasien tidak mengalami gangguan perdarahan, maksudnya jika terjadi perlukaan bisa tidak darahnya berhenti atau apakah dia mengalami kelainan darah, seperti penyakit haemofilia, jika menderita penyakit tersebut, sebaiknya tidak usah di sunat dulu tapi dikendalikan kadar trombosit dalam darah ,baru dilakukan tindakan sirkumsisi. Kemudian lakukan pemeriksaan penis, apakah kulupnya sudah terbuka dengan baik? sehingga glans penisnya tidak tertutup atau disebut juga fimosis. Jika terdapat fimosis, sebaiknya dirujuk ke Rumah Sakit yang ada Kamar Operasinya.

Langkah-Langkah penting Sirkumsisi dengan flashcutter tidak jauh beda dengan tindakan manual, namun yang berbeda hanya saat pemotongan saja, biasaya pemotongan kulup dengan gunting berdarah, kalau dengan flashcutter tidak berdarah, karena menggunakan semacam dawai halus yang dialiri listrik dan digesekan pada preputium hingga terputus.

Agar lebih detailnya, saya share juga video Khitan (sirkumsisi) dengan flashcutter yang diambil dari youtube, pengunjung dapat melihat rekamannya, jika ada yang kurang dalam penyajian artikel ini silahkan ditambahkan di kotak komentar atau jika ada yang mau bertanya seputar sirkumsisi, mari kita berdiskusi di Medianers.com.



1 comment:

  1. wah jadi lebih efektif dan aman dengan teknik baru ini ya gan.

    ReplyDelete

Terima kasih atas waktu dan kunjungan anda. Ditunggu kedatangannya di lain waktu.