Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya IUD

Medianers ~ IUD singkatan dari Intra Uterine Device, digunakan untuk alat kontrasepsi pada wanita. IUD diletakan didalam rahim dengan tujuan mencegah/ menghambat pertemuan antara sel telur dengan sel sperma,sehingga tidak terjadi pembuahan dan kehamilan.

IUD, alat kontrasepsi paling banyak digunakan, karena dianggap sangat efektif dalam mencegah kehamilan dan memiliki manfaat yang relatif banyak dibanding alat kontrasepsi lainnya. Diantaranya, tidak menganggu saat hubungan badan, dapat digunakan sampai menopause dan setelah IUD dikeluarkan dari rahim, bisa dengan mudah subur.

Jenis IUD beragam dan memiliki segudang manfaat, namun pada artikel ini yang diperkaya oleh gambar, Medianers hanya menampilkan IUD berbentuk T. Kemudian, dibalik manfaatnya yang begitu banyak, diperkirakan kurang dari 0,1 persen sangat membahayakan yang dikenal dengan bermigrasinya IUD ke dalam rongga perut, sehingga bisa mengakibatkan komplikasi pada saluran pencernaan dan perkemihan.

Bahaya IUD

Dalam konteks normal, IUD Coffer T dalam rahim terlihat seperti gambar diatas, namun jika dalam konteks abnormal, IUD mampu menembus otot rahim dan Coffer T bermigrasi kedalam rongga perut, pernah dilaporkan melukai usus pasien dan menembus kandung kemih.
Jika dalam konteks abnormal diatas, IUD harus dikeluarkan dengan tindakan pembedahan Laparatomi untuk mengangkat IUD yang tertinggal dalam rongga perut. Nah, jika anda pengguna IUD jika menemukan tanda dan gejala tidak mengenakan dibagian perut bawah, secepatnya kontrol pada dokter Anda.(AW)
Terkait : Penyebab IUD Bermigrasi Keluar Rahim, Ini Penjelasan dr.Vivi Ruliyanty, Sp.OG