Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bidan dan Kebidanan

Medianers ~ Kebidanan (Midwifery) merupakan cabang ilmu yang terbentuk dari peleburan berbagai disiplin Ilmu (multi disiplin) yang terkait dengan pelayanan kebidanan meliputi ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu sosial, ilmu perilaku, ilmu budaya, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu manajemen untuk dapat memberikan pelayanan kepada ibu dari masa pra konsepsi, masa hamil, ibu bersalin / post partum, dan bayi baru lahir.

Pelayanan kebidanan meliputi pendeteksian keadaan abnormal pada ibu dan anak, melaksanakan konseling dan pendidikan kesehatan terhadap individu, keluarga dan masyarakat. Menurut Guilland and Pairman filosofi kebidanan meliputi 4 aspek yaitu, hamil,bersalin dan masa nifas adalah peristiwa alamiah (natural) dan fisiologis (normal).
Seseorang yang telah melewati pendidikan akademi kebidanan (Akbid) atau D IV kebidanan, disebut Bidan. Dahulu, Bidan tamatan SPK, dan mengambil pendidikan diploma 1 kebidanan.

Sedangkan, menurut WHO Bidan adalah seseorang yang telah diakui secara reguler dalam program pendidikan kebidanan sebagaimana yang diakui yuridis, dimana ia ditempatkan dan telah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan telah mendapatkan kualifikasi serta terdaftar disahkan dan mendapatkan ijin melaksanakan praktik kebidanan.(AW/)