Tema Hari AIDS sedunia tahun 2010

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desembaer, yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global, Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.
(Dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_AIDS_Sedunia)

Tema Hari AIDS sedunia tahun 2010


"Universal Access and Human Rights : Akses Universal dan Hak Asasi Manusia" merupakan tema yang di tetapkan oleh dunia internasional.

Tujuan utama kampanye Hari AIDS Dunia 2010 untuk meningkatkan akses universal dan hak-hak dasar untuk korban HIV dengan memberikan dorongan untuk pencegahan, perawatan, pengobatan, dan dukungan, sebab jutaan orang terus terinfeksi HIV setiap tahunya di negara-negara yang berpenghasilan menengah dan rendah.

Mereka membutuhkan terapi antiretroviral dan terlalu banyak dari mereka yang tidak memiliki akses untuk pengobatan dan perawatan yang memadai.

Pelanggaran terhadap hak asasi manusia dapat membuka peluang penyebaran HIV, kelompok-kelompok yang terpinggirkan, seperti pengguna jarum suntik narkoba dan pekerja seks, beresiko tinggi untuk menularkanya. Dengan mempromosikan hak asasi manusia, penyebaran kemungkinan dapat dicegah dan orang yang terinfeksi HIV dapat hidup bebas dari diskriminasi dengan harapan mereka tidak menularkan kepada orang lain.

Hari AIDS Sedunia memberikan kesempatan bagi kita semua, baik individu, masyarakat maupun pemimpin politik untuk mengambil tindakan dan memastikan bahwa hak asasi manusia penting dilindungi, serta memberikan akses yang seluas-luasnya untuk pengobatan dan perawatan bagi penderita.

Baca Juga:
Sumbar peringkat 12 Nasional penderita HIV/ AIDS