Blogger bagaikan kanker bermetastase

Dari tahun ketahun terjadi peningkatan pengguna blog di Indonesia. Blog merupakan media atau sarana untuk mempublikasikan tulisan di internet. Pengguna blog disebut dengan Blogger. Blog mulai popular di Indonesia sejak akhir tahun 2002, penggunanya lebih banyak tersebar di kota besar, seperti Jakarta.

Seiring berjalanya waktu dan bergulirnya program internet masuk desa serta menjamurnya warung internet (warnet) dan mudahnya mengakses internet lewat handphone, maka blog tidak asing lagi bagi anak kampung yang tinggal diluar pulau jawa.

Data pasti pegguna blog di Indonesia tidak ada, namun Enda Nasution yang di juluki bapak Blogger Indonesia menyatakan pengguna blog sampai saat ini diprediksi mencapai 3,4 juta orang. Blog sangat berbeda dengan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, karena kegunaanya sangat luas dan penyedia layanan juga beragam, seperti Blogger.com, Wordpress, Blogdetik, Blogsome, Multiply, dagdigdug dan lain-lain. Sehingga sulit terdeteksi secara statistik jumlah penggunanya.

Penulis memperkirakan 10 tahun kedepanya sekitar 90 persen seluruh anak sekolah tingkat SMP, SMA dan mahasiswa di Indonesia akan memiliki blog, sebab blog telah mulai diperkenalkan dan di ajarkan di sekolah sebagai ekstrakurikuler. Di Pekan Baru sebuah komunitas menamakan organisasinya Blogger Bertuah yang menjalin kerjasama dengan Telkom Speedy, saat ini sedang mempopulerkan dan gencar-gencarnya mengadakan semacam pelatihan blog gratis bagi masyarakat umum dan pelajar. Begitu juga di daerah lain rata-rata mereka mempunyai komunitas yang siap menularkan kepada masyarakat.

Jika dapat di ibaratkan, blog adalah sebidang tanah kosong yang di hibahkan oleh host (penyedia layanan) kepada masyarakat umum. Seandainya masyarakat ingin memiliki bangunan silahkan mendaftar untuk mendapatkan secara gratis. Olah tanah yang telah diberikan tersebut menjadi sebuah bangunan atau lahan bisnis yang bermamfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Untuk menentukan sebuah bangunan yang bermanfaat, orang yang telah disetujui sewaktu pendaftaran diberi kewenangan penuh. Silahkan cari material yang dibutuhkan. Apakah ingin menjadikan lahan tersebut sebagai tempat berkebun, bertani atau berdagang. Biasanya bangunan yang akan dibuat oleh blogger berdasarkan latar belakang pendidikan atau pengalaman. Jika beliau seorang perawat atau dokter maka yang akan ia bangun semacam balai pengobatan atau rumah sakit. Seandainya dia seorang guru, beliau akan mengusung tema pendidikan, sedangkan politikus sudah pasti menjadikan lahan tersebut sebagai tempat penggalangan suara.

Blogger yang kreatif akan berpikir dan bekerja keras untuk menjadi produktif. Misal, beliau membangun sebuah rumah sakit, dengan sendirinya ia akan mendapatkan tantangan, jika rumah sakitnya tidak menarik dan tidak mampu memberikan pelayanan terbaik, maka rumah sakit tersebut akan dipastikan lengang, jika pengunjung lengang otomatis rumah sakit akan mengalami kebangkrutan dan lahan yang telah digunakan menjadi tidak bermanfaat dan waktu yang telah dikorbankan menjadi sia-sia.

Blog tak ubahnya sebagai sebuah rumah/bangunan, namun terletak di dunia tidak nyata (Internet). Jika seseorang sudah tercebur dan pernah punya rumah di dunia maya, ia akan sulit meninggalkan begitu saja, sebab blog memiliki nilai edukasi dan bisnis. Bisa sebagai media belajar banyak hal dan sewaktu-waktu si blogger bisa sebagai pengajar melalui tulisan yang dipublikasikanya.

Dari kegiatan ngeblog (istilah yang digunakan blogger ketika online) juga bisa menghasilkan pendapatan, berupa rupiah dan dollar. Kepiawaian menulis opini, artikel dan lain-lain adalah modal dasar untuk menarik pengunjung. Kunjungan banyak datang, karena tulisan blogger yang bermanfaat, sehingga si blogger akan kebanjiran job seperti memasang iklan Adsense yang dipersembahkan google atau berkongsi dengan situs Amazon sebagai pedagang terbesar di dunia maya dan masih banyak jenis bisnis iklan lainya yang mampu menambah uang saku.

Di lihat dari sisi bisnis, blog alternatif untuk mencari tambahan. Namun yang lebih penting dari kegiatan ngeblog adalah memberikan peradaban baru bagi dunia di zaman era digital. Semua bangsa besar adalah bangsa yang gemar menulis dan membaca. Punya budaya literasi, tanpa keduanya mereka punah dimakan zaman. (Ahmad Fuadi : Ranah Tiga Warna).

Blogger sejati dipastikan menjalani proses peradaban tersebut, sebab blog tanpa tulisan adalah omong kosong. Menulis tanpa membaca akan miskin kalimat dan menulis tanpa kutipan, ibarat bulan tanpa bintang,menghayal, ngawur dan tidak ilmiah sehingga seorang blogger pasti membutuhkan referensi atau literatur. Ngeblog dengan tujuan untuk menulis, berbisnis, berbagi ilmu dan berbagi pengalaman di dunia maya merupakan hal yang positif bagi peradaban manusia di dunia nyata.

Dalam kehidupan ini, sudah di kodratkan berpasangan. Ada lelaki, pasti ada perempuan. Ada kebaikan dan yakinlah akan ditemukan juga keburukan. Pengguna blog tidak seutuhnya baik. Ada sisi negatif yang mewarnainya. Blogger nakal bisa saja memanfaatkan layanan gratis tersebut sebagai sarana untuk memfitnah, bergunjing dan mempublikasikan konten porno.
Setiap ada pelanggaran akan ada sanksi hukum, meskipun blogger mengerjakan kegiatan jurnalistik, seperti yang dikatakan Kris Budiman, bahwa jurnalistik adalah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Dalam hal ini bisa dikatakan sebagai online jurnalisme , namun blogger tidak memiliki kode etik layaknya seperti wartawan, sehingga bisa blunder. Blogger bisa saja menulis apa yang ia inginkan tanpa sensor, mencaci maki, kata-kata kotor dan merusak nama baik seseorang.

Tindak-tanduk negatif yang dilakukan blogger didunia maya melalui tulisan, gambar dan video, merupakan tanggung jawab pribadi. Sewaktu-waktu blogger bisa saja digugat oleh pengakses internet yang merasa dirugikan . Jika ditemukan kesalahan atau pelanggaran menurut hukum, maka dapat dipidanakan sesuai aturan yang tertuang dalam undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) nomor 11 tahun 2008.

Blogger yang menyuguhkan tulisan dan berbagai konten di internet, bagaikan kanker yang tidak terdeteksi. Tumbuh subur di tubuh anak-anak Indonesia. Awalnya kecil, waktu ke waktu semakin besar dan lama-lama mengalami perubahan.
Titik awal perubahan dimulai pada tanggal 27/10/ 2007 merupakan momen bersejarah bagi blogger Indonesia dengan di tetapkanya sebagai Hari Blogger Nasional oleh Muhammad Nuh di Blitz Megaplek, Jakarta.

Sebagaimana penulis kutip dari detik.net beliau mengatakan “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional” dan mantan Mentri yang pernah menjabat 2 tahun di Kemenkominfo Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid 1 itu menambahkan, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan pemberdayaan masyarakat, ia berharap blogger tidak malu-malu dalam menulis di blog. Kami Jamin tidak akan ada pembreidelan.

Penetapan hari penting itu, merupakan landasan dasar bagi kelanjutan blogger untuk bermetastase (menyebar) dari lokasi yang awalnya kecil hingga menyebarkan sel-sel kepenjuru lain melalui celah-celah kecil, yang akhirnya di diagnosa stadium lanjut. Saya kira pengaruh blogger di dunia maya telah bermetastase di Indonesia yang tak bisa lagi dihentikan laju pertumbuhanya. Saya hanya bisa mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional.