Askep patah hati untuk Mawar

Pukul 23.00 wib, cewek cantik masuk Instalasi Cinta Darurat (ICD) untuk mengeluhkan hatinya yang sedang patah. Pasien bernama Mawar, umur 17 tahun.

Datang ke ICD dengan keluhan utama: Jantung berdetak kencang, pernapasan meningkat tajam, nadi teraba tidak teratur, Tekanan Darah 130/90 mmhg, bibir dan wajah pucat pasi.

Didapatkan data subjektif, bahwa si Marwan cowoknya Mawar nelpon nggak pernah, sms nggak pernah, datang kerumah juga nggak pernah. Kemudian, ia tambahkan si Marwan tidak lagi perhatian dan juga tidak sayang lagi padanya.

Sedangkan data objektifnya, karena melihat Marwan membawakan bunga buat teman cewek satu kantor, lalu Mawar merasa Marwan selingkuh, sebab sebelumnya Marwan suka bawain bunga hanya untuknya,kok sekarang cewek lain yang diberi.

Diagnosa Keperawatan

  1. Kecemasan berhubung dengan rasa cemburu yang berlebihan
  2. Resiko Patah Hati berhubung dengan imajinasi negatif
Setelah Mawar mengeluhkan semua uneg-unegnya dan Perawat Cinta menyusun Asuhan Keperawatan dengan kriteria hasil:

  1. Kecemasan Mawar teratasi, yang ditandai dengan detak jantung stabil dan mampu mengendalikan emosi, situasi dan keadaan.
  2. Resiko Patah hati tidak terjadi
Berdasarkan Diagnosa diatas Perawat Cinta telah merumuskan masalah, sehingga perlu strategi ampuh dalam mencapai Kriteria hasil yang diharapkan. Perawat Cinta membuat Perencanaan sebagai berikut:

  1. Mendengar dengan seksama seluruh keluhan Mawar, jika diperlukan akan ditanggapi dan memberikan umpan balik positif.
  2. Mengajak Mawar menghilangkan perasaan primitif, dalam artian tidak mendahulukan prasangka buruk, tapi berpikir dan bertindak secara rasional.
  3. Memberi kesempatan pada Mawar untuk menangis sepuas-puasnya, karena menangis dapat merangsang keluarnya hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin yang bisa membuat seseorang merasa tenang.
  4. Memotivasi Mawar untuk menemui Marwan dan menanyakan kenapa ia nggak nelpon, kenapa ia nggak sms dan kenapa ia kasih bunga teman ceweknya dikantor?
  5. Menanamkan prinsip positif thinking.
Setelah Perencanaan dijalankan, didapatkan hasil sebagai berikut:

Mawar terbaring tenang dan mencoba untuk diam. Beberapa saat, Marwan datang menjenguk, mungkin diberitau oleh Mak nya si Mawar bahwa Mawar masuk ICD, lalu Marwan kedalam dan menggenggam tangan Mawar seraya berkata, Mawar maafkan Marwan ya. Karena Marwan nggak punya pulsaaaaaaaaaaaaaaaaa... lalu Mawar bertanya, kenapa kamu kasih bunga pada teman kantor? ia kirim bungaaaa, karena ia lihat aku bawaaiin seribu bunga untukmuuu u u.

Walaaaaaaaa lebay, jangan masukin dalam hati, cuma posting iseng.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan