Menkes : Perawat Jahat dan Bawel

"Saya sering dapat SMS yang bilang, perawat di puskesmas atau daerah ini orangnya jahat, bawel. Padahal yang kirim SMS itu salah satunya menteri lho," kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi pada wartawan health.detik.com  saat peringatan Hari Perempuan Internasional di Plaza Bapindo Jakarta, Jumat (8/3/2013).


Menarik apa yang disampaikan Menkes pada media elektronik, bahwa " Perawat jahat dan bawel." yang jadi pertanyaan, apakah benar demikian? 

Ironis memang statement yang dilontarkan seorang Menkes, masih kontroversial, dulu pernah mewacanakan kondom gratis, menuai kritik dari masyarakat, kini (2013) mengeluarkan lagi pernyataan yang melukai hati Perawat Indonesia.

Semua tau, bahwa Perawat di bawah naungan Kementrian Kesehatan. Jika ada Perawat yang jahat dan bawel, tentunya Menkes sebagai pemegang otoritas tertinggi di Kemenkes bisa saja menginstruksikan atau mengintervensi  perawat yang telah berbuat di luar kewajaran, apalagi telah berbuat jahat, kapan perlu perawat tersebut di tindak melalui jalur hukum atau dibekukan izin prakteknya di seluruh wilayah NKRI.

Menkes sebagai manusia biasa, tak luput dari kekhilafan, dan juga memiliki hak beropini, kira-kira, duga-duga di Media. Sedangkan saya, selaku Perawat juga memiliki hak beropini lewat Medianers.

Andai Menkes membenarkan pernyataan temannya yang juga mentri itu, sangat disayangkan. Sebaiknya Menkes blusukan ke wilayah-wilayah terpencil, apakah benar perawat telah berbuat jahat dan bawel pada masyarakat. Jika iya, maka binalah mereka, karena Perawat juga anak buah anda.

Ayo kunjungi Pustu, Puskesmas, lakukan angket pada masyarakat, tentang " Kualitas pelayanan perawat pada masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan." Buktikan melalui data dan fakta, jika benar perawat telah berbuat jahat dan bawel, coba pelajari apa yang melatar belakanginya? agar solusi terbaik dapat anda telorkan melalui kebijakan.

Mohon jangan hakimi perawat telah berbuat jahat dan bawel pada masyarakat. Jika itu pernah ditemui, ayo di bina jangan diumbar pada khalayak ramai. Sebab, pernyataan negatif seorang mentri akan memberi efek buruk yang luar biasa pada masyarakat.

Perawat serius melayani masyarakat
untuk berobat di Puskesmas Hedam,
di Padang Bulan, Distrik Heram, ayapura, Papua.
(FOTO ANTARA/Anang Budiono/Koz/mes/12)

Salam Perawat,
Untuk Indonesia Sehat.