Darah Pemberi Informasi Akurat Kondisi Tubuh

Selain sebagai alat transportasi membawa sari pati makanan ke seluruh tubuh, darah juga berperan sebagai sumber informasi yang kompeten untuk mengetahui/mendiagnosa suatu penyakit yang ada dalam tubuh.


Misal, jika ingin mengetahui apakah ginjal bekerja dengan baik?  maka kinerja ginjal bisa di cek melalui kadar ureum dalam darah. Apabila ginjal bekerja dengan baik, ureum tersebut akan dibuang bersama urin, namun apabila ginjal tidak dapat berfungsi dengan benar maka ureum akan tinggal di dalam darah. Ureum merupakan sampah, yang tidak lagi dibutuhkan tubuh.

Demikian juga dengan fungsi hati. Bisa juga diketahui melalui pemeriksaan darah, apakah hati berfungsi dengan baik atau tidak. Begitu juga dengan pankreas, mampu atau tidaknya ia bekerja dengan benar bisa di deteksi dengan pemeriksaan kandungan kimia dalam darah.

Di pelayanan kesehatan, pemeriksaan darah ( haematologi) merupakan sebagai pemberi informasi awal tentang kondisi pasien. Selanjutnya untuk mempertajam diagnosa, ahli melakukan pemeriksaan penunjang lainnya.

Butir-butir darah. Sumber : google image
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan