Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IDI Paliko Pengabdian Masyarakat di Nagari Seribu Menhir

Medianers -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Paliko (Payakumbuh. - Limapuluh Kota) menjalankan serangkaian kegiatan sosial dalam rangka Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 115 tahun. Kegiatan berlangsung di lapangan bola Ronah, Kenagarian Maek, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (25/5/2023).

Nagari Maek dijuluki sebagai Nagari Seribu Menhir, karena banyak Menhir yang bisa ditemukan. Dan beberapa titik telah dipugar, dijadikan kawasan situs sejarah. Untuk mencapai Nagari seribu Menhir itu, cukup menantang dan kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermesin, dari Kota Payakumbuh agar bisa sampai kesana.

Selain jauh dari Kota Payakumbuh, medan perjalanan lumayan ekstrim. Tanjakan dan penurunan tajam tersaji di nagari nan indah itu. Ekstra hati- hati membawa kendaraan, kanan tebing rawan longsor, dan kiri dari badan jalan terlihat jurang yang curam. Sehingga bisa disebut akses kesehatan di Nagari yang dihuni lebih dari 9 ribu jiwa itu terbatas. Disebabkan letak geografisnya.

Hal itu pulalah yang membuat IDI memilih Nagari Maek sebagai wilayah pengabdiannya. Sebagaimana dikatakan dr. Yanhendri, Sp. KK, selaku ketua IDI Paliko. "Kita memilih Maek karena akses kesini cukup jauh ya. Kita berasumsi dengan akses yang jauh ini, tentu sangat bermanfaat jika kita memberikan pelayanan kesehatan langsung ke lokasi, dan memudahkan bagi masyarakat," katanya.

Dokter Yanhendri didampingi oleh ketua pelaksana HBDI , yaitu dr. Hadi Oktafiano yang juga sebagai kepala Puskesmas Maek menambahkan, "kemudian kasus stunting cukup tinggi disini. Oleh karena itu, kita berpartisipasi menekan angka tersebut sekaligus membantu program pemerintah. Untuk itu, kita melakukan penyuluhan pentingnya Asi dan makanan sehat lainnya yang disampaikan oleh dokter M. Luthfi Suhaimi, spesialis anak," tambah dr. Yanhendri.

"Kegiatan yang telah kita laksanakan hari ini, dimulai pagi tadi dengan senam lansia. Pemeriksaan ibu hamil oleh dr. Suhadi, Sp.OG. Selajutnya pijat bayi stunting dan penyuluhan. Sebagai penutup acara adalah, penyerahan bantuan untuk instalasi air bersih bagi masyarakat jorong nenan. Ini sudah kita rencanakan tahun lalu, dan penyerahannya hari ini," tutup dr. Yanhendri.

Pantauan media ini, masyarakat antusias memeriksakan kesehatannya dan bersemangat mendengar penyuluhan. Tampak dokter senior Paliko menghadiri kegiatan, diantaranya dr. Chairul Abdi, Sp.THT mantan ketua IDI Paliko, juga dr. Fitriadi, Sp.OT satu- satunya dokter ahli ortopedi di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, dan dihadiri pula oleh dokter spesialis bedah RSUD Achmad Darwis, dr.Nofli Ikhlas. Serta puluhan dokter spesialis dan dokter umum.

Penyerahan bantuan instalasi air bersih oleh IDI Paliko


Terkait bantuan instalasi air bersih, media ini juga berkesempatan meminta tanggapan Dedi Rahmat, (32) sebagai wali jorong Nenan. Ia mengatakan, "Saya selaku wali jorong sangat berterima kasih pada IDI. Telah membantu pengadaan pipa dan tangki untuk mengalirkan air bersih dari sumber air ke rumah kami. Insyaallah setelah serah terima ini, kami akan bergotong royong memasangnya," katanya.

Dedi Rahmat menyatakan tahun lalu IDI Paliko juga bakti sosial ke jorong Nenan. "Mereka juga melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis ke jorong kami tahun lalu. Kami merasakan dampaknya, memang terasa bahwa dokter Indonesia untuk rakyat Indonesia, dan kami sangat berterima kasih kepada dokter- dokter yang telah membantu kami," ungkap wali yang memimpin sejumlah 207 KK dan kurang lebih sebanyak 700 jiwa yang tinggal di jorong Nenan.

Senada dengan itu, disaat penyerahan secara simbolis Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, bupati Kabupaten Limapuluh Kota memberikan apresiasi tak terhingga. "Kami memberikan apresisiai setinggi-tingginya dan mengucapkan  terima kasih pada IDI Paliko. Tahun lalu IDI juga mengabdi ke jorong nenan. Dan hari ini, kami juga kembali menerima bantuan instalasi air bersih," ujarnya.

"IDI Paliko juga telah ikut membantu program pemerintah. Membangun nagari berupa bantuan fisik infrastruktur dan layanan kesehatan nyata pada masyarakat , tentunya sangat pantas kami apresisiasi, " tutupnya sembari menerima bantuan pipa dan tangki secara simbolis disaksikan oleh ratusan  warga dan anggota IDI. Bantuan pipa dan tangki diserahkan sebanyak satu truk.(Anton Wijaya) 

Posting Komentar untuk "IDI Paliko Pengabdian Masyarakat di Nagari Seribu Menhir"