Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teman baik akan mengusir rasa kesepian sahabatnya

Rasa kesepian adalah keadaan dimana seseorang merasa sendirian, merasa terisolasi, merasa tidak ada seorangpun sahabat untuk berbagi,merasa tidak adanya kesempatan untuk berhubungan dengan orang lain, baik dalam keluarga maupun di sekitar tempat tinggal.


Kesepian biasanya muncul dari pertahanan diri seseorang yang kurang bagus karena sering mengalami kekecewaan atau merasa harga diri rendah sehingga tidak mampu menyikapi dengan bijaksana apa yang dirasakan, setiap ada masalah selalu di pendam tanpa mencari jalan keluar atau membicarakan dengan orang lain yang dapat di percaya, individu tersebut lebih memilih untuk menutup diri dalam kesendirian.

Rasa kesendirian yang berlarut-larut dapat memicu rasa stress berkepanjangan karena individu tersebut selalu memikirkan tanpa mengkomunikasikan atau berbuat nyata sehingga masalah tidak akan teratasi.Rasa stress yang tidak teratasi berpotensi besar terjadinya depresi dan gangguan jiwa.

Seorang teman yang baik tidak akan membiarkan sahabatnya kena gangguan jiwa, ketika sahabatnya dalam masalah atau dalam keadaan kecewa berat, pasti teman tersebut mampu mendengarkan keluhan, kalau sahabatnya tidak mengeluh dia berusaha mencari tau mengapa sahabatnya menutup diri, mengapa sahabatnya terlihat kesepian dan banyak pertanyaan-pertanyaan bentuk kepedulian yang muncul untuk mengetahui apa yang terjadi pada sahabatnya.Teman yang baik juga memberikan dorongan semangat dan memikirkan jalan keluar untuk mengatasi masalah sahabatnya kemudian teman tersebut mampu menghibur, memberi pencerahan dan membawa kedamaian.

Jika ada pertemanan seperti yang saya gambarkan diatas, secara tidak langsung telah mempunyai andil besar terhadap penekanan resiko gangguan jiwa di masyarakat, semoga kita menjadi sahabat yang peduli terhadap orang lain, respek terhadap gejala-gejala yang mengancam terjadiya depresi yang berakibat pada ganguan jiwa.





8 komentar untuk "Teman baik akan mengusir rasa kesepian sahabatnya"

  1. mari saling mensupport dalam menghadapi kehidupan ini

    BalasHapus
  2. maaf mas bisa nggak kalau koment make url supaya dapat backlink dan alexa turun seperti koment saya ini

    BalasHapus
  3. O ya,bisa mas..sebelumnya saya nggak tau,terima kasih masukanya.Mas munir selalu perhatian,saya kagum.

    BalasHapus
  4. itu karena dulu teman-teman yang lain juga selalu membimbing saya mas

    BalasHapus
  5. sahabat seperti tangan dengan mata, saat tangan terluka mata menangis dan saat mata menangis tangan menghapusnya, begitulah oersahabatan sahabat yg sejati

    BalasHapus
  6. Sahabat yang bener-bener memang sangat susah di cari, tak semudah mencari teman. Tapi tak mengapalah bila sendiri yang pasi harus kuat.

    BalasHapus
  7. sahabat harus di pertahankan.

    BalasHapus
  8. Betapa bahagianya orang yang memiliki sahabat sejati, ada tempat berbagi kebahagiaan dan juga berbagi kesedihan..

    BalasHapus