Waspadalah ! Punggung Anda Bisa Bernanah Seperti Bapak Ini

abses-diabetes-melitus
Awalnya tumbuh seperti jerawat kecil pada punggung seorang bapak usia 54 tahun, beberapa hari kemudian jerawat membesar seperti bisul, bagian tepi memerah dan kehitaman.

Berselang 2 minggu bisul semakin besar, bengkak dan meluas, kira-kira selebar kepala anak usia  2 tahun. Dan, ujung bisul meleleh cairan warna putih yang dikenal dengan nanah. Disekitar area bengkak, terlihat merah kehitaman, perkembangan jaringan rusak semakin cepat. Ada apa gerangan, kenapa bisul bisa meluas begitu cepat?

Harus di usut tuntas, dilakukan pemeriksaan laboratorium, ternyata gula darah nyaris mencapai 300 mg/dl, dan leukosit mencapai 20.000, artinya bisul besar pada punggung telah infeksi. Infeksi dipicu oleh tingginya kadar gula dalam darah sehingga sedikit saja jaringan yang rusak berpotensi menjadi buruk. Penyakit tersebut disebut juga Abses Diabetes Melitus.

Lalu Apa penanganannya?

Menurut, dr. Ridwan Muchtar, Sp.B, yang sehari-hari berpraktik di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, " Nanah Abses harus dikeluarkan dan jaringan yang rusak wajib dibuang, dan jaringan terinfeksi di atasi dengan obat-obatan, kemudian gula darah pasien dikontrol dan dikendalikan."

Lima (5) hari setelah dilakukan tindakan insisi dan kuretase abses di kamar operasi, tentunya dengan perawatan luka tiap hari oleh Perawat di Bangsal bedah, dan infeksi di atasi dengan antibiotik, kondisi luka abses menunjukan perkembangan baik. Warna hitam sekitar lokasi luka, mulai menghilang, nanah yang bersarang sudah tidak ada lagi, jaringan mati mulai hilang, meskipun belum sempurna. Dan, gula darah dikontrol tiap hari.
perawatan-luka-abses

Penyembuhan luka abses pada penderita diabetes melitus tak terkontrol membutuhkan waktu yang lama, jika saja dibiarkan karena ketidak tahuan atau karena dilalaikan, kemungkinan besar abses akan meluas, bahkan bisa menembus lapisan keras fasia dan otot, jadi waspadalah dan jaga kesehatan dari dini, hindari gaya hidup tidak sehat dengan mengontrol makanan dan minuman, serta rajin berolah raga.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan