Merawat hari ini untuk sehat besok


"Caring today for a healthier tomorrow", itulah tema yang diangkat oleh organisasi profesi perawat Amerika dalam menyambut hari ulang tahun perawat internasional 12 mei. 




Sungguh tema yang bijaksana, "merawat hari ini untuk sehat besok", pesan moral yang disampaikan untuk mengenang jasa florence nightingle yang telah memprakarsai ilmu keperawatan, yang disuarakan untuk memacu agar masyarakat internasional peduli akan kesehatan, menjaga dan merawat tubuh agar tidak sakit dan lebih menekankan aspek pencegahan dari pada tindakan pengobatan.


Meskipun kurang lebih 2 bulan lagi, American Nurses Association (ANA) telah mensosialisasikan tema yang akan di usung tepatnya 12 mei 2010 mendatang, artinya mereka lebih sensitif akan hal-hal kecil yang bisa membawa mamfaat besar untuk di isukan ke khalayak ramai.

Dalam menyambut hari ulang tahun perawat internasional ini, saya tidak terlalu mempermasalahkan tema apa yang diangkat oleh ANA tetapi membandingkan dengan apa yang telah di lakukan oleh perawat indonesia yang tergabung dalam satu wadah yang di sebut dengan PPNI ( Persatuan Perawat Nasional Indonesia) , apakah kita ikut-ikutan dengan tema yang di bawa ANA ini untuk menyambut happy nurse day yang akan datang sebentar lagi atau pengurus sedang merumuskan semacam tema yang sesuai dengan kondisi perawat di indonesia saat ini, semuanya tidak dapat saya jawab, kita perawat indonesia belum bisa berbuat banyak, kita masih memikirkan nasib dan kesejahteraan, kita masih memperjuangkan RUU keperawatan untuk di sahkan menjadi Undang-Undang.

Patuh dan penurut masih menyelimuti sikap perawat indonesia, saya memprediksi tema yang di keluarkan ANA akan di copy paste oleh PPNI pusat dan di distribusikan ke pengurus cabang propinsi, kabupaten dan kota seluruh indonesia untuk di buatkan spanduk,brosur dan lain- lain agar di publikasikan. Saya menyatakan demikian, berkaca pada tema happy nurse day tahun 2009 yaitu "Delivering Quality, Serving Communities Nurses Leading Primary Health Care", nah tema yang demikian juga yang kita dengungkan di indonesia.

Sesuai dengan tuntutan kebutuhan perawat sekarang, hendaknya PPNI tetap menyadur tema yang demikian, namun lebih mengemukakan aspek yang sesuai dengan kondisi riil yang ada di indonesia, kapan perlu PPNI mempelopori lagi seperti aksi damai mei 2008 yang lalu untuk di lanjutkan ke bulan mei 2010 mendatang, agar apa yang kita tuntut lebih di prioritaskan di tahun 2010 ini. Salam keperawatan.

Sumber:
http://nursingworld.org
http://stanford.wellsphere.com