Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Duk Klem Bedah

Medianers ~ Duk klem, atau sebutan lainnya towel clamp berfungsi untuk memfiksasi duk (kain/linen) bedah. Duk klem digunakan setelah area operasi atau lokasi insisi telah didesinfeksi dengan cairan kimia. Lalu diselimuti dengan kain atau linen yang telah disterilkan. Sehingga yang terlihat hanya lokasi operasi, sedangkan anggota tubuh lainnya tertutup kain.

Agar linen tidak jatuh ke lantai, atau bergeser dari posisi awal, maka tiap pertemuan sisi kain difiksasi dengan duk klem, sehingga areal penyayatan (lokasi operasi) terlihat seperti kotak. Saat memfiksasi, duk klem diendapkan dibawah lipatan kain. Agar tidak menganggu pemandangan, serta menganggu operator atau asisten saat pembedahan.
Selain berfungsi untuk memfiksasi kain, duk klem juga berfungsi untuk menjepit slang suction (penghisap cairan), atau memfiksasi kabel kauterisasi. Terkadang, duk klem juga digunakan untuk memfiksasi jaringan tubuh yang akan diangkat, atau dipotong.

Duk klem jika dilihat sepintas lalu, gagangnya mirip gunting. Namun, jika bagian ujung kiri dan kanan didekatkan atau disatukan akan berbentuk oval. Ujung kiri dan kanan duk klem terlihat runcing, dan tajam yang bisa melukai, serta menusuk. Apa bila ke dua ujung tertancap, maka akan sangat kuat dan lekat. Demikianlah, fungsi duk klem secara umum.(Anton Wijaya)