Anda mau tau penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes Melitus Tipe 2 merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya tingkat gula dalam darah. Diabetes tipe 2 adalah bentuk paling umum dari penyakit gula.

Diabetes Melitus Tipe 2 ini disebabkan oleh cara tubuh dalam menggunakan insulin. Insulin diperlukan untuk memindahkan gula darah (glukosa) ke dalam sel, dimana tempat gula darah disimpan dan kemudian digunakan untuk energi.

Tubuh penderita Diabetes melitus tipe 2 tidak merespon insulin dengan benar, yang disebut resistensi insulin.

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung memiliki resistensi insulin, karena lemak mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin.

Resistensi insulin disebut juga dengan gula darah tidak masuk ke dalam sel-sel otot untuk disimpan jadi energi.

Bila gula tidak bisa masuk sel, maka gula di dalam peredaran darah menjadi tinggi atau disebut juga dengan hiperglikemia. Tingginya kadar gula dalam darah sering memicu pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak, namun pankreas tidak mampu menyanggupinya.

Diabetes melitus tipe 2 biasanya terjadi secara bertahap. Kebanyakan penderitanya orang dengan penyakit kelebihan berat badan. Namun, diabetes tipe 2 juga bisa berkembang pada orang-orang yang kurus, terutama orang tua.

Riwayat keluarga dan genetika berperan besar dalam diabetes tipe 2, kemudian Aktivitas tingkat rendah, pola makan yang buruk, dan berat badan yang berlebihan (Obesitas).
 Terkait:

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan