Subkutikuler, bukan Lem

Ketika pasien masuk kamar operasi sering meminta pada petugas kesehatan, kalau luka Sectio Caesaria diperutnya tidak usah dijahit, tapi di kasih Lem saja.

Pemahaman yang keliru itu perlu diluruskan. Sebab, tidak ada luka operasi yang di lem, semua yang telah disayat dengan pisau tetap di jahit agar luka bertaut dan penyembuhan menjadi cepat.

Dari mana pasien mendapat pemahaman yang keliru itu, saya juga tidak mengerti, tapi Artikel ini akan menjelaskan dengan gambar yang mudah dipahami, agar pemahaman itu berubah setelah membaca dan melihat.


Gambar dibawah adalah luka sayatan pada pasien Sectio Caesaria. Jenis sayatan melintang, kira-kira 5 cm di atas kandung kemih dan 10 cm di bawah pusat.



Gambar dibawah adalah Jahitan Subkutikuler, teknik subkutikuler digunakan untuk kosmetik (kecantikan), dimana benang jahitan diendapkan di bawah kulit sehingga tidak terlihat dipermukaan perut .




Gambar dibawah adalah hasil jahitan Subkutikuler .




Semoga dengan penjelasan singkat diatas, bisa dipahami. Jika ada yang mau menambahkan atau menanyakan sesuatu, mari kita berbagi.

Gambar Nomor 1 dan 3 diambil dari Wikipedia


Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan