Rencana asuhan keperawatan

Rencana asuhan keperawatan menguraikan asuhan keperawatan yang akan diberikan kepada individu, keluarga dan masyarakat. Merupakan serangkaian tindakan perawat dalam menerapkan diagnosa keperawatan yang diidentifikasi oleh pengkajian keperawatan.

Penciptaan rencana merupakan tahap antara dari proses keperawatan. Ini panduan dalam penyediaan asuhan keperawatan berkelanjutan dan membantu dalam evaluasi perawatan.

Karakteristik rencana asuhan keperawatan

1. Fokusnya adalah holistik, dan didasarkan pada penilaian klinis dari perawat, dengan menggunakan data penilaian yang dikumpulkan dari kerangka keperawatan.

2. Hal ini didasarkan pada diagnosis keperawatan diidentifikasi (promosi aktual atau risiko kesehatan) - penilaian klinis tentang individu, keluarga, atau komunitas berdasarkan pengalaman / tanggapan terhadap masalah kesehatan aktual atau potensial dalam proses kehidupan.

3. Berfokus pada klien, spesifik hasil keperawatan yang realistis untuk penerima perawatan

4. Termasuk intervensi keperawatan yang berfokus pada faktor-faktor etiologi atau risiko dari diagnosis keperawatan.

Elemen-elemen dari rencana asuhan keperawatan

Rencana asuhan keperawatan terdiri dari diagnosis keperawatan dengan karakteristik mendefinisikan (data subyektif dan obyektif yang mendukung diagnosis), faktor yang berhubungan atau faktor risiko, hasil yang diharapkan / tujuan, dan intervensi keperawatan.