Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 4 Kebiasaan Kecil Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak

Kebiasaan-baik-pada-anak
Masa anak-anak merupakan masa yang paling efektif untuk mengajarkan hal yang baik-baik pada anak, terutama etika dalam kehidupan sehari-hari. Medianers merangkum 4 hal kebiasaan kecil yang perlu di ajarkan pada anak sejak ia mulai pandai bicara dan memahami perkataan orang tua. 

4 Kebiasaan kecil yang perlu di ajarkan pada anak sebagai berikut:

1. Ajarkan sejak dini pada anak mengucapkan salam dan bersalaman.

Agar anak tidak canggung mengucapkan salam dan bersalaman dengan orang lain dewasa nanti, maka orang tua dapat melatihnya sejak dini . Mulailah bersalaman dengan orang-orang yang ada dalam rumah , serta mengucapkan salam saat masuk rumah atau mau keluar rumah.

Misal, kalau ayah atau ibu mau bepergian, maka ajarkan anak dengan bersalaman sebelum berangkat, serta mengucapkan salam," Assalamualaikum" lakukan hal demikian setiap hari, setiap mau berangkat dan setiap akan masuk rumah setelah bepergian.

Kemudian, salami setiap tamu yang berkunjung ke rumah anda atau ketika anda bertamu ke suatu tempat dan bertemu karib kerabat,  sebagai contoh yang baik, dan minta juga anak melakukan hal yang sama, agar ia terbiasa saat beranjak dewasa .

2. Ajarkan anak sejak dini mengucapkan kata maaf.

Jika orang tua melakukan ke kekhilafan pada anak, misal memarahinya karna anak tidak bisa tenang, terus ribut dan tidak bisa dihentikan hingga perabotan rumah berantakan, meskipun telah ditegur anak terus ribut dan membuat kekacauan, akhirnya anda menghentikan dengan cara kekerasan, seperti menjewer, mencubit, atau menarik lengan serta mengintimidasi agar ia berhenti ribut.

Setelah anda melakukan, anda menyesal. Maka kesempatan baik mengatakan pada anak, bahwa anda " minta maaf nak, ayah/ibu telah khilaf membuatmu ketakutan dan menangis", misal. Beritahukan juga pada anak, bahwa kesalahannya, dan ajarkan juga ia mengucapkan kata "maaf" , karena telah melakukan kesalahan. Agar ia memahami bahwa penawar kesalahan adalah kata "maaf".

3. Ajarkan anak sejak dini mengucapkan terima kasih.

Saat anda minta bantuan pada anak, misal minta tolong mengumpulkan mainannya yang berserakan, atau minta tolong mengambilkan sesuatu yang dekat dari jangkauannya, maka siapkanlah pada anak, " Terima kasih fulan" sebaiknya  sebutkan nama anak saat mengucapkan kata "terima kasih", demikian juga ketika anda memberikan sesuatu pada anak, minta juga ia mengucapkan   "terima kasih bunda" atau "terima kasih ayah", misal.

Begitu seterusnya, setiap saat dan setiap hari, agar tertanam di alam bawah sadar anak bahwa mengucapkan kata terima kasih pada orang lain ,sebuah keharusan, di saat orang lain telah membantu atau memberikan sesuatu pada kita.

4. Ajarkan anak sejak dini memberi kalimat pujian.

Ketika anak berhasil melakukan sesuatu seperti yang anda inginkan, maka jangan pelit mengucapkan kalimat pujian pada anak, misal anak mampu menghabiskan makanannya, sebaiknya berikan pujian, " pintar anak bunda ya" serta menghadiahinya ciuman. Atau saat anak habis mandi dan mengenakan pakaian, jangan pelit katakan " Cantiknya/ gantengannya anak ayah, wangi lagi", misal.

Di saat orang tua tidak pelit memberi kalimat pujian pada anak, maka anak terbiasa dan percayalah anak juga akan mudah memberi pujian pada orang tua, dan orang lain,  karena kalimat pujian tertanam dialam bawah sadar nya , sehingga ia juga mudah memberikan pujian pada orang lain. Sesungguhnya kalimat pujian dapat memotivasi dan meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

Banyak kebiasaan lain yang perlu diajarkan pada anak, 4 kebiasaan kecil di atas medianers share hanya sebagian kecil dari kebiasaan lain yang perlu diajarkan pada anak. 4 kebiasaan kecil di atas, sering terpakai dalam kehidupan sehari-hari, dan sering juga terlupakan oleh banyak orang dalam bersosialisasi.