Pasien Disambut Ramah, di Taman Bermain dan Diiringi Alunan Biola Di Rumah Sakit Pelni

Medianers ~ Akhir tahun 2017 penulis berkesempatan menyaksikan suguhan menarik, yakni pasien yang akan berobat ke poliklinik disambut oleh sayup-sayup alunan gesekan biola yang dimainkan dua wanita cantik dibalut gaun putih.

Suguhan irama biola itu tersaji setiap akhir pekan, di taman jelang masuk poliklinik, tepatnya di depan ruangan Medical Check-Up, Executive Clinic Sakura, rumah sakit Pelni, terletak di Jalan Aipda Ks. Tubun Raya, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

" Setiap hari Sabtu, ada pertunjukan biola di taman jelang masuk poliklinik, juga disediakan taman bermain untuk keluarga pasien yang membawa anak-anak," ungkap Nawolo Sampurno, selaku pemandu saat mensosialisasikan tentang rumah sakit kepada puluhan 'visitor' yang saat itu mengikuti kegiatan Kaizen Festival yang diselenggarakan oleh segenap manajemen rumah sakit Pelni.

Pantauan Medianers, anak-anak terlihat antusias bermain seluncuran yang didampingi orang tuanya, demikian juga orang dewasa terlihat santai menyaksikan 'atraksi' gesekan biola, sehingga rumah sakit terkesan sangat menyenangkan, dan pengunjung akan merasakan seperti di tempat hiburan saja.

" Konsep 'go green' yang menyuguhkan penghijauan, hamparan taman dan kursi tempat bersantai, seraya sajian alunan musik bagi pengunjung, merupakan upaya kita untuk menciptakan kenyamanan di rumah sakit Pelni," imbuh Nawolo.

"Kemudian, sebagai upaya untuk meminimalisir kepadatan diruang tunggu poliklinik, sebab satu orang pasien, bisa membawa 2 hingga 3 orang keluarga, manakala kesemuanya ikut ke dalam, tentunya ruang poliklinik akan menjadi padat, maka itu kita sediakan kursi dan area bermain di taman," jelas Nawolo.

Sebagian bangunan tua dan gedung baru rumah sakit swasta milik perusahaan BUMN bernama Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) itu, terlihat tertata kelola dengan baik. Seraya mampu menampung hampir 95 persen pengguna kartu BPJS Kesehatan.

Saat ini, rumah sakit Pelni mulai menjadi 'kiblat' beberapa rumah sakit swasta dan rumah sakit milik pemerintah daerah dalam mengadopsi pola 'Lean management' yakni manajemen yang ramping dan tidak boros dalam operasional yang telah mereka gagas dan sukses dalam penerapan.

Terkait : Aplikasi Elektronika Medical Record (EMR) di Rumah Sakit Pelni Jakarta

Selain mengusung konsep 'go green' rumah sakit Pelni juga unggul dalam penerapan Sistim Informasi Rumah Sakit ( SIRS) berbasis digital.

"Pola dan konsep rumah sakit Pelni ini layak kita tiru dan adopsi untuk diterapkan di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, " ungkap dr.Yanti, MPH selaku direktur pelayanan dan penunjang, yang saat itu juga hadir mendengar pemaparan Nawolo.(AntonWijaya)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan