Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perubahan Hidup Dirasakan Lansia

Medianers ~ Lansia merupakan singkatan dari lanjut usia. Menurut Siti Nur Kholifah, SKM, M.Kep, Sp.Kom, dalam bukunya berjudul Keperawatan Gerontik, (2016), "yang disebut lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas." Sedangkan menurut WHO (1999) lansia adalah usia lanjut berumur antara usia 60 sampai 74 tahun.

Masih menurut Siti Nur Kholifah," lansia merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan. Semua orang akan mengalami proses menjadi tua. Lansia mengalami perubahan dalam kehidupannya sehingga menimbulkan beberapa masalah," tulisnya di halaman 5, dalam buku bahan ajar tentang Keperawatan Gerontik.

Tetap dikutip dari buku yang sama, ada 4 besar permasalahan kehidupan yang sering dialami lansia, diantaranya adalah, 1 masalah fisik, 2 masalah kognitif, 3 masalah emosional dan 4 masalah spiritual. Yang akan penulis jabarkan secara singkat, di bawah, berdasarkan konsep dituliskan Siti Nur Kholifah tersebut.
Masalah-lansia
Ilustrasi lansia oleh Canva
Masalah fisik misalnya, yaitu masalah yang sering dirasakan oleh lansia. Fisik  lansia mulai melemah, sering terjadi radang persendian ketika melakukan aktivitas yang cukup berat, indra penglihatan mulai kabur, indra pendengaran mulai berkurang, serta daya tahan tubuh menurun. Sehingga sering merasa sakit-sakitan.

Kemudian, lansia akan mengalami masalah kognitif (intelektual). Masalah yang dihadapi lansia terkait dengan perkembangan kognitif, yakni melemahnya daya ingat terhadap sesuatu hal (pikun), dan sulit untuk bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar.

Selanjutnya, lansia akan merasakan masalah emosional yaitu, rasa ingin
berkumpul dengan keluarga sangat kuat, sehingga tingkat perhatian lansia kepada
keluarga menjadi sangat besar. Selain itu, lansia sering marah apabila ada sesuatu kurang sesuai dengan kehendak pribadi dan sering stres akibat masalah ekonomi yang kurang terpenuhi.

Terakhir, masalah spiritual. Masalah yang dihadapi terkait dengan perkembangan spiritual, kesulitan untuk menghafal kitab suci karena daya ingat yang mulai menurun, merasa kurang tenang
ketika mengetahui anggota keluarga belum mengerjakan ibadah, dan merasa
gelisah ketika menemui permasalahan hidup yang cukup serius.  (Editor : Anton Wijaya )
Terkait : 3 Pendekatan Perawatan Lansia