Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bentuk dan Fungsi Klem Arteri (Artery Forceps)

Medianers ~ Ketika orang awam melihat peralatan instrumen bedah, akan menyatakan mirip gunting semua. Padahal, gagangnya saja yang mirip gunting, sedangkan ujungnya memiliki fungsi, bentuk dan nama yang berbeda.

Seperti klem arteri misalnya, gagang mirip gunting, sedangkan ujungnya berfungsi untuk menghentikan perdarahan di arteri, sebab di ujung klem, terdapat dua sisi bagian dalam bergerigi sehingga bisa memfiksasi dengan kuat ketika dijepitkan.

Klem Arteri bermacam-macam namanya, ada yang menamakan klem bengkok, ada juga yang menyebut artery forceps, dan ada pula yang menamainya sebagai pean.
Dan, arteri klem dimaksud juga terdapat dua bentuk, ada yang lurus dan ada yang berbentuk lengkung. Yang berbentuk lengkung paling sering digunakan, ditempat penulis bekerja sering disebut namanya, sebagai klem bengkok.

Secara universal, baik yang bengkok maupun yang lurus, disebut sebagai klem arteri, karena sesuai dengan fungsinya untuk mengklem arteri (memfiksasi) pembuluh arteri yang terputus, baik karena luka sayatan operasi, maupun karena insiden kecelakaan atau karena benda lainnya.(Anton Wijaya)
Baca Juga : Penemu Hak Pengait dan Fungsi Langenbeck Bedah