Saturday, March 24, 2012

Bahaya IUD

IUD singkatan dari Intra Uterine Device  digunakan untuk alat kontrasepsi pada wanita. IUD diletakan didalam rahim dengan tujuan mencegah/ menghambat pertemuan antara sel telur dengan sel sperma,sehingga tidak terjadi pembuahan dan kehamilan.

IUD merupakan alat kontrasepsi paling banyak digunakan, karena dianggap sangat efektif dalam mencegah kehamilan dan memiliki manfaat yang relatif banyak dibanding alat kontrasepsi lainya. Diantaranya, tidak menganggu saat coitus (hubungan badan), dapat digunakan sampai menopause dan setelah IUD dikeluarkan dari rahim, bisa dengan mudah subur.

Jenis IUD beragam dan memiliki segudang manfaat, namun pada artikel ini yang diperkaya oleh gambar, Medianers hanya menampilkan IUD berbentuk T. Kemudian, dibalik manfaatnya yang begitu banyak, diperkirakan kurang dari 0,1 persen sangat membahayakan yang dikenal dengan bermigrasinya IUD ke dalam rongga perut, sehingga bisa mengakibatkan komplikasi  pada saluran pencernaan dan perkemihan.

Bentuk IUD Coffer T
IUD berbentuk T, terbuat dari bahan polyethelene.
Bagian vertikalnya diberi lilitan kawat tembaga halus.



IUD Coffer T terpasang dalam rahim

IUD coffer T terpasang dalam rahim

Bahaya IUD

Dalam konteks normal, IUD Coffer T dalam rahim terlihat seperti gambar diatas, namun jika dalam konteks abnormal, IUD mampu menembus otot rahim dan Coffer T bermigrasi kedalam rongga perut, pernah dilaporkan melukai usus pasien dan menembus kandung kemih.

IUD coffer T menembus otot rahim dan bermigrasi kerongga perut.
Jika dalam konteks abnormal diatas, IUD harus dikeluarkan dengan tindakan pembedahan Laparatomi untuk mengangkat IUD yang tertinggal dalam rongga perut .

Nah, jika anda pengguna IUD jika menemukan tanda dan gejala tidak mengenakan dibagian perut bawah, secepatnya kontrol  pada dokter anda .
Gambar diambil dari berbagai sumber.

2 comments:

Terima kasih atas waktu dan kunjungan anda. Ditunggu kedatangannya di lain waktu.