Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artroskopi, Artrografi

Medianers ~ Artroskopi adalah pemeriksaan endoskopi terhadap aspek sendi, biasanya lutut, dengan menggunakan endoskop serat optik. Sedangkan, Artrografi yaitu, pemeriksaan sinar x terhadap sendi dengan menggunakan udara, zat kontras, atau keduanya di dalam ruang sendi, dilakukan sebelum artroskopi.

Artroskopi digunakan untuk mendiagnosa meniskus, patella, ekstrasinovial dan penyakit-penyakit sinovial. Untik melakukan pembedahan sendi dan untuk memonitor proses penyakit atau efek pengobatan. Biasanya biopsi atau pembedahan dilakukan selama prosedur pemeriksaan artroskopi merupakan kontraindikasi bila ada luka dan infeksi kulit yang hebat.

Indikasi Klinis Artroskopi, Artrografi

Untuk mendeteksi penyakit meniskus dengan sobekan meniskus lateral atau medial, penyakit patella, kondromalasia, fraktur patella, osteokondritis, osteokondromatosis,ligamen sobek, kista Baker's , sinovitis, dan rematik degeneratif.

Prosedur Artroskopi, Artrografi
  1. Persetujuan tertulis
  2. Untuk anestesi lokal tidak perlu pembatasan makan dan cairan. Puasa tengah malam, apabila anestesi dilakukan bius umum atau spinal.
  3. Artroskop dimasukan kedalam sendi interior untuk visualisasi sendi, drainase cairan dari sendi, biopsi atau pembedahan.
  4. Balutan atau torniket dipasang di atas sendi untuk mengurangi volume darah di kaki.
Referensi: Kee, Joyce LeFever(1997: 274) " Handbook of laboratory and diagnostic tests with nursing implications." EGC, penerbit buku kedokteran.