Cara Mengambil Darah Arteri Femoralis

lokasi-arteri-femoralis
Lokasi Arteri Femoralis
Medianers ~ Darah di arteri femoralis merupakan darah yang kaya oksigen, tujuan pengambilan darah di arteri femoralis adalah untuk di analisa, yang disebut analisa gas darah, yaitu untuk mengetahui fungsi pernafasan dan metabolisme sel tubuh. Seperti mengetahui kadar oksigenasi tubuh dan kemampuan sel darah merah mengikat dan membawa oksigen dalam sirkulasi.

Okey, medianers lanjutkan tentang Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengambil darah di arteri femoralis? Seperti biasanya, yang perlu disiapkan adalah Spuit (Jarum Suntik) ukuran 2 CC yang telah berisi heparin 0,1 CC. Heparin bertujuan untuk anti koagulasi, agar mencegah darah membeku dalam jarum suntik setelah darah di arteri femoralis berhasil diambil. Kemudian siapkan kapas alkohol secukupnya dan handscoen (sarung tangan) serta kain pengalas dan bak istrumen untuk meletakan alat yang diperlukan.

Sebelum melakukan tindakan, klien wajib diberi tau prosedur tindakan yang akan dilakukan, dan komunikasikan hingga klien bisa memahami, bagi klien yang tidak sadar maka keluarga atau penanggung jawabnya wajib diberitahukan. Jangan lupa meminta persetujuan tindakan (informed content).

 Cara Pelaksanaan Mengambil Darah Arteri Femoralis
  1. Gunakan sarung tangan sebelum melakukan tindakan
  2. Pakaian pasien bagian bawah dibuka, lalu dipasang kain pengalas atau kain penutup.
  3. Arteri femoralis diraba dengan ujung jari
  4. Bila arteri femoralis teraba dengan jelas, maka permukaan kulit daerah yang akan di tusuk dengan jarum suntik didisinfeksi dengan kapas alkohol
  5. Kemudian tegangkan kulit di atas arteri tersebut dengan telunjuk dan ibu jari kiri. Bila denyut arteri telah teraba pada ujung jarum, dengan cepat jarum ditusukan
  6. Apa bila penusukan tepat, maka penghisap (piston) di dalam spuit akan terdorong ke atas oleh tekanan dari darah arteri dan penghisap tidak perlu ditarik.
  7. Setelah jumlah darah yang diinginkan cukup, sekurang-kurang 2 CC, maka jarum segera dicabut.
  8. Bekas tusukan ditekan dengan kapas alkohol sekurang-kurangnya lima menit
  9. Spuit yang berisi darah diberi etiket atau dimasukan dalam botol khusus jika ada. Dan formulir/ blangko pemeriksaan di isi lengkap, lalu segera kirim ke laboratorium.
  10. Klien dirapikan kembali dan peralatan dikembalikan ke tempat semula.
Demikianlah prosedur pengambilan darah arteri femoralis yang dapat medianers olah share. Prosedur ini medianers dapatkan dari berbagai sumber, semoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk kelancaran anda bekerja, jika terasa penting silahkan bagikan pada sejawat yang lain.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan