Waspadalah Telapak Kaki Anda Bisa Membusuk Seperti Orang Ini

Telapak kaki, jari dan tumit membusuk di sebabkan oleh luka yang sulit sembuh karena gula dalam darah  tinggi dan tidak terkontrol yang di kenal dengan Gangren.
luka membusuk gangren diabetes melitus

Kenapa luka menjadi sulit sembuh dan membusuk? 

Oleh karena aliran darah ke lokasi luka tidak tersuplai dengan baik, sehingga zat yang kaya oksigen dan zat pembangun seperti protein tidak mampu memperbaiki sel-sel yang rusak pada daerah luka.

Kenapa tidak tersuplai dengan baik?

Karena gula dalam darah terlalu tinggi, sehingga darah menjadi sangat kental, akhirnya macet dan aliran darah tidak sampai pada pembuluh darah perifer (pembuluh darah tepi yang sangat kecil) sulit di jangkau oleh darah yang kaya oksigen atau yang mengandung zat pembangun.

Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari penyakit ini?

Gula atau glukosa sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apabila gula yang ada dalam tubuh tidak mampu di manfaatkan menjadi energi, maka ia akan menjadi berbahaya bagi tubuh. Jadi kendalikan, dan kontrol gula yang ada dalam tubuh anda.

Perlu di ketahui, data International Diabetes Federation (IDF) Kawasan Asia Pasifik tahun 2014 menyebutkan bahwa 9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes, dan Indonesia peringkat ke-5 penderita diabetes ( situs tempo).

Orang-orang yang berpotensi penyakit gangren?

Orang yang berpotensi menderita penyakit ganren adalah orang yang menderita diabetes melitus karena kegemukan, keturunan, dan gaya hidup tidak sehat. Ganren juga dapat menyerang penderita Burger disease, yaitu penyakit yang sering di alami perokok berat. Mungkin, di sesi berikutnya akan saya jelaskan.

Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari penyakit gangren?

Manfaatkan gula dan lemak yang ada dalam tubuh anda menjadi energi. Caranya dengan berolah raga secara rutin dan terus-menerus.

Jagalah diri anda dari makanan 'junk food' dan makanan yang mengandung lemak serta glukosa yang berlebihan.

Kontrol gula darah secepatnya, jika anda mengalami gejala seperti, cepat lelah, sering buang air kecil, mudah lapar, ujung jari kaki dan tangan sering kesemutan. Jika anda mengalami tanda dan gejala demikian, segera periksakan kadar gula dalam darah anda secepatnya di pelayanan kesehatan.

Apa yang akan di lakukan jika saya mengalami gangren diabetes  melitus?

Yang pasti gula darah anda akan di stabilkan dengan obat-obatan, dan luka yang telah membusuk dilakukan tindakan debridement,yaitu membuang dengan cara menyayat atau menggunting jaringan yang telah mati membusuk. Jika tindakan ini tidak memungkinkan, maka dilakukan tindakan amputasi. Anda juga bisa membaca di artikel berjudul " Amputasi pada pasien ganren diabetes mellitus" .

Kemudian dilakukan perawatan tiap hari agar luka terbebas dari bakteri/kuman serta melindungi akses dari resiko infeksi.

Semoga bermanfaat,
Salam sehat- Anton Wijaya.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan