Perawat dan Robot Saling Kerjasama di Rumah Sakit

Perawat berjalan di lorong Rumah Sakit didampingi dua robot/
Photo: REUTERS / Francois Lenoir
Medianers ~ Seorang Perawat berjalan dengan robot bernama Pepper dan Zora. Keduanya merupakan robot humanis yang dirancang untuk menyambut dan mengurus pengunjung dan pasien, di rumah sakit AZ Damiaan, Ostend, Belgia.

Pepper di sebelah kanan Perawat, terlihat tinggi dibanding Zora. Pepper baru saja didatangkan di rumah sakit Ostend AZ Damiaan untuk bergabung dengan tim kesehatan. Sedangkan Zora, robot yang terlihat rendah sudah 1 tahun bekerja di rumah sakit tersebut. Pepper memiliki kemampuan berbicara 19 bahasa dan bisa berkomunikasi baik. Peper dikembangkan oleh perusahaan Belgia Zora Bots.

Pepper difungsikan sebagai petugas resepsionis di rumah sakit Ostend AZ Damiaan. Pepper akan memperkenalkan pada pengunjung tentang rumah sakit, memberikan informasi dan panduan kepada pengunjung dan pasien serta menagantar ke lantai dan ruang yang benar. Pepper juga mampu membimbing tangan pasien, ia dapat bekerja hingga 20 jam.       

Sebelum kedatangan Pepper, staf rumah sakit sudah bekerja dengan  Zora, selama sekitar satu tahun. Zora lebih kecil dan lebih lambat dari Pepper dan digunakan terutama di kelas terapi fisik saja, sebab Zora tidak bisa berkomunikasi dengan baik.(Editor: AntonWijaya).