Karya Anak Negri 'ATM Sehat' Layanan Mirip ATM Bank

Medianers ~  Berkembang pesatnya teknologi informasi juga membuka ruang bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Fakultas Ilmu Komputer berinovasi. Terutama bagi 3 orang mahasiswa Universitas Indonesia (UI), diantaranya Sigit Mohammad Nuzul, S.Kep dan Budhi Mulyadi, M.Kep.,Sp.Kom serta Ahmad Zaki Anshori, S.Kom, karya mereka bernama 'ATM Sehat' memperoleh Juara 1 Lomba Inovasi Universitas Indonesia tahun 2017, Finalis Lomba Inovasi Kemenristekdikti tahun 2017, Penghargaan Tanoto Foundation Student Research Award tahun 2017, dan karya mereka terdaftar Hak Paten di Kementerian Hukum dan HAM RI. Bahkan, ATM Sehat ciptaan mereka telah diproduksi oleh PT. Telehealth Indonesia untuk dipasarkan.
ATM-Sehat-raih-tanoto-award
Sigit Mohammad Nuzul, S.Kep dan Budhi Mulyadi, M.Kep.,Sp.Kom serta Ahmad Zaki Anshori, S.Kom atas karyanya ' ATM Sehat' terpilih juara 1 Tanoto Foundation Student Research Award 2017.
Apa itu ATM sehat ? 

ATM Sehat merupakan singkatan dari Anjungan Telehealth Masyarakat Sehat. Yang mana berbentuk seperti ATM Bank, bedanya kalau ATM Bank memberi layanan kemudahan transaksi keuangan, sedangkan ATM Sehat merupakan media multifungsi berbasis android yang terletak di fasilitas umum bertujuan mempermudah masyarakat mengetahui tentang kesehatan, bermanfaat untuk memberikan masyarakat tentang pengetahuan kesehatan (pijat jantung saat henti jantung, pertolongan pada patah tulang, pertolongan pada perdarahan mendeteksi dini masalah kesehatan (tekanan darah, timbangan BB, dan kadar gula darah), tombol panic berbasis Global Positioning System (GPS), konsultasi dokter, database kesehatan, obat-obat emergency, dan alat pacu jantung (automatic emergency defibrillation/ AED).
Anjungan-telehealth-masyarakat-atm-sehat
Bentuk fisik ATM sehat ( Anjungan Telehealth Masyarakat)
Latar Belakang Lahirnya ATM Sehat 

"Masalah kesehatan di Indonesia sebenarnya dapat dicegah melalui upaya promosi, preventif, dan rehabilitasi kesehatan di tataran pelayanan primer (lingkungan masyarakat dan keluarga). Akan tetapi, upaya tersebut belum berjalan dengan optimal. Keterbatasan dana, tenaga, dan fasilitas kesehatan menjadi kendala terbesar. Akibatnya terjadi diskontinuitas pendidikan kesehatan dan pelayanan di lingkungan masyarakat, khususnya pada keluarga. Dibutuhkan inovasi alat yang dapat menghubungkan berbagai stakeholder kesehatan dengan seluruh masyarakat dan keluarga secara berkesinambungan. Inovasi yang diberi nama Multifunction Telehealth  device." Demikian ungkap penciptanya dalam sebuah proposal yang masuk ke redaksi medianers.

Sistim Operasional dan Fitur Tambahan ATM Sehat
Operating system (OS) yang digunakan pada human interface atau ATM Sehat adalah android 5.1 Lolipop. Selain aplikasi yang telah dipasangkan pada ATM Sehat, Telehealth Indonesia juga sedang dalam proses pengembangan aplikasi tambahan. Dalam satu aplikasi tersebut terdapat 7 fitur dasar yaitu iklan sehat, video sehat, monitoring kesehatan, chat sehat, aplikasi homecare dan telehealth apps store. 

Demikianlah ulasan singkat  yang dapat medianers informasikan, oh ya harganya saat ini 40 jutaan. ATM Sehat sangat cocok ditempatkan di layanan publik seperti sekolah, kampus, pasar, mal, bandara, pelabuhan, terminal, dan lain-lain. (AntonWijaya).
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan