Kista Coklat

Medianers ~ Banyak wanita penasaran serta bertanya apa itu Kista coklat? Kista coklat adalah salah satu dari beberapa jenis kista pada indung telur (ovarium) yang terletak di dekat organ rahim (uterus). Kista coklat juga dikenal dengan sebutan endometrioma.

Kista coklat merupakan sebuah kantong tumbuh di ovarium yang berisi cairan darah yang berwarna merah kecoklatan. Kadang-kadang berbentuk balon padat, dalam hal ini dapat disebut sebagai kista ovarium kompleks. Di dalam kantong kista coklat terdapat darah tua gelap yang menyerupai warna kecokelatan. 
kista-coklat
Ini bentuk kantong dan kista coklat
Bagaimana cara kista coklat bisa berkembang? 

Wanita yang mengalami endometriosis, yaitu saat sel/jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Endometrium adalah lapisan terdalam rahim, tempatnya menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Sel endometrium dapat membentuk kista kecil, yang kemudian berkembang biak menjadi kista, bahkan perkembangan kista semakin bertambah jika dirangsang oleh hormon menstruasi. 

Jutaan perempuan akan terpengaruh oleh kista coklat setiap tahun. Sekitar lima sampai sepuluh persen dari semua wanita akan memiliki satu di beberapa titik selama hidup mereka. Salah satu masalah kritis dengan kista coklat adalah akan berulang kembali (residiv) meskipun telah dibuang.

Pengaruh keseburan dan hehamilan ketika mengalami kista coklat

Banyak wanita yang tertarik untuk mengetahui apakah kista coklat akan mencegah atau mengganggu kehamilan. Hal ini dimungkinkan bagi seorang wanita untuk tetap hamil bahkan tanpa mengangkat kista coklat tersebut. Kemungkinan menjadi subur tetap ada, jika hanya ada satu kista dalam ukuran kecil. Hal demikian pernah penulis temukan saat sectio caesaria (sc), bahwa pasien yang dioperasi terdapat kista coklat dalam perutnya. Namun, bila seorang perempuan mengalami kista coklat pada kedua ovariumnya, kemungkinan untuk hamil akan terganngu. Sebab, produksi sel telur akan mengalami gangguan.

Tanda dan Gejala Kista coklat

Tanda-gejala kista coklat adalah wanita akan mengalami kram perut atau pembengkakan selama siklus menstruasi hal tersebut merupakan gejala yang sangat umum dirasakan wanita ketika mengalami kista. Tanda lain dari kista adalah rasa nyeri juga dapat dirasakan saat pengosongan perut atau kandung kemih. Hubungan badan dan aktivitas fisik lainnya seperti berolahraga atau membungkuk dan peregangan akan terasa menyakitkan. Dalam beberapa kasus kista dapat menekan ovarium yang mengakibatkan rasa sakit luar biasa.

Apabila kista coklat pecah juga dapat menjadi sumber rasa sakit yang parah. Jika kista coklat pecah bisa tumpah keluar mengenai ovarium dan organ lainnya. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi seperti adhesi (perlengketan dan jaringan parut), infeksi, dan nyeri panggul. Apa bila kista pecah bisa menjadi darurat medis yang serius dan tindakan operasi harus dilakukan segera. 

Perdarahan di luar siklus menstruasi biasanya adalah gejala lain dari kista coklat. Seorang wanita mungkin melihat pendarahannya terjadi pada waktu yang 'aneh' atau keluar bercak di antara periode. Wanita pasca-menopause yang memiliki perdarahan juga harus curiga tentang keberadaan kista. Perdarahan yang berlebihan dan bentuk berwarna gelap keluar dari kemaluan adalah gejala lain yang mungkin dari tanda-tanda adanya kista coklat.

Pengobatan Kista Coklat

Pengobatan kista coklat  termasuk dengan konsumsi obat-obatan dan tindakan operasi. Obat dapat membantu dalam menghilangkan gejala sementara, tetapi tidak mengobati atau benar-benar bisa menghilangkan kista dari tubuh anda.

Tindakan Operasi sering direkomendasikan, namun juga memiliki kekurangan yakni jaringan ovarium yang sehat kemungkinan terbawa saat pemotongan kista. Sehingga mengakibatkan kesempatan untuk hamil tertutup bilamana salah satu ovarium lagi mengalami gangguan. Terkadang salah satu ovarium harus dikeluarkan atau dipotong saat mengangkat/ membuang kantong kista , tergantung pada ukuran dan jumlah kista. Komplikasi lain mungkin juga hasil dari operasi seperti adanya jaringan parut, adhesi, dan luka pada rektum atau kandung kemih.

Pilihan terbaik saat ini tindakan membuang kista adalah tindakan laparaskopi, yang mana memungkinkan sangat sedikit mencederai yang dikenal dengan tindakan pembedahan minimal invasif. Dengan harapan komplikasi seperti adhesi, dan luka pada rektum atau kandung kemih bisa terhindar.

Terakhir, bagi anda yang membaca artikel ini, dan mengalami tanda gejala seperti yang telah penulis sampaikan di atas, sebaiknya segera periksakan kesehatannta ke dokter ahli kandungan untuk dilakukan pemeriksaan seperti USG, serta tindakan apa yang sebaiknya yang anda butuhkan. Demikian, dihimpun dari berbagai sumber.(AntonWijaya)
Baca Juga : Rekaman Kecanggihan Bedah Robotik Pengangkatan Rahim ( Histerektomi)
Istilah kata kunci pencarian, kista coklat, penyebab kista, gejala kista,obat kista,penyebab penyakit kista,obat kista alami,cara mengobati kista, penyakit kista pada wanita, obat kista ovarium,kista rahim,pengobatan kista dan obat penyakit kista.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan