Akibat Kekurangan Yodium dan Cara Mencegahnya

Medianers ~ Yodium diperlukan untuk hormon tiroid yang mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme dan penting untuk mencegah gondok dan kretinisme. Asupan yang tidak memadai dapat menyebabkan perkembangan intelektual terganggu dan pertumbuhan fisik. Berbagai gangguan yang dihasilkan dari kekurangan yodium disebut sebagai gangguan kekurangan yodium. 
penyakit-gondok-akibat-kekurangan-yodium
Bentuk penyakit gondok dan kreatinisme karena kekurangan yodium
/ photo : by primehealthchannel.com
Sebagian besar individu kekurangan yodium akan mengalami retardasi mental ringan. penurunan kemampuan mental dan kapasitas kerja. kekurangan yodium dikaitkan dengan kejadian penyakit menular, dan studi melibatkan kekurangan yodium sebagai salah satu penyebab kematian. Karena itu, beberapa kematian anak dapat dikaitkan dengan kekurangan yodium.

Prevalensi defisiensi yodium sering diperkirakan dari prevalensi penyakit gondok. kekurangan yodium dianggap masalah kesehatan masyarakat apabila gondok terdeteksi lebih dari 5 persen dari penduduk usia sekolah. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, tingkat gondok pada anak usia sekolah melebihi 5 persen di 130 negara, menempatkan 2.225.000 orang berisiko Iodine Deficiency Disorders (IDD) atau Kekurangan yodium. Prevalensi tinggi Kekurangan yodium terjadi di Eropa Timur dan Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika Utara, Asia Selatan, dan Afrika (WHO 1999).

Siapa Saja Resiko Tinggi Kekurangan Yodium 

Kekurangan yodium ditemukan pada orang yang tinggal di daerah pegunungan. Hal ini disebabkan karena orang pegunungan sangat tergantung pada hasil perkebunan dan hasil yang mereka tanam sebagai bahan konsumsi utama, sedangkan seringkali tanah yang mereka gunakan untuk menanam tanaman mengandung kadar yodium yang rendah.

Kekurangan yodium juga beresiko dialami ibu hamil, anak bayi dan balita serta anak yang masih sekolah dan wanita yang masih dalam usia subur. Oleh karena itu, yodium merupakan salah satu kebutuhan nutrisi manusia yang harus dipenuhi karena sangat penting.

Tanda Kekurangan Yodium

Sering mengalami kelelahan, mengantuk atau lesu yang terjadi secara terus-menerus setiap saat. Kelelahan kronis merupakan tanda dari rendahnya hormon tiroid, suatu hormon yang berperan memberikan energi bagi tubuh, dan sering disertai dengan kelelahan otot secara tiba-tiba.

Paling kas tanda kurang yodium dalam tubuh adalah dapat menyebabkan pembesaran tiroid, yang umumnya menyebabkan benjolan pada leher, masyarakat awam sebut 'gondok'. Kemudian, kekurangan yodium juga dapat pemicu gangguan emosional dan imun tubuh yang rendah.

Cegah Dengan Sumber Makanan yang mengandung Yodium 

Cara Mencegah Kekurangan yodium sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium, makanan yang mengandung yodium diantaranya : Ikan sarden,ikan salmon, cumi-cumi, ikan tuna, kerang, lobster, sayuran, susu, dan telur serta garam beryodium. Selanjutnya konsultasikan pada ahli gizi anda atau ke pelayanan kesehatan terdekat, bila mengalami tanda-tanda kekurangan yodium atau berada pada daerah resiko tinggi mengalami kekurangan yodium.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan