Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Survei Akreditasi Rumah Sakit

Medianers ~  Jenis survei di rumah sakit oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) meliputi survei awal, survei ulang, survei verifikasi dan survei terfokus. Definisi setiap survei adalah sebagai berikut:

Survei Awal

Survei awal adalah survei langsung secara total untuk pertama kali pada rumah sakit. Survei awal, ada kemungkinan rumah sakit mengalami remedial. Maka langkah selanjutnya adalah Survei remedial, yaitu evaluasi langsung yang dijadwalkan paling lambat 6 bulan setelah survei awal untuk mengevaluasi elemen penilaian (EP).

Survei Ulang

Survei ulang adalah survey rumah sakit setelah siklus akreditasi tiga tahun Survei Remedial atau evaluasi langsung yang dijadwalkan paling lambat 6 bulan setelah survei awal untuk mengevaluasi elemen penilaian (EP) yang mendapatkan nilai “tidak terpenuhi” (not met) atau “terpenuhi sebagian” (partially met) yang mengakibatkan rumah sakit gagal untuk memenuhi persyaratan kelulusan akreditasi.

Survei Verifikasi

Survei verifikasi dilaksanakan satu tahun dan dua tahun setelah survei akreditasi awal atau survei ulang untuk melakukan verifikasi terhadap perencanaan perbaikan strategis (PPS).

Survei Terfokus

Survei terfokus adalah survei langsung yang terbatas dalam lingkup, konten, dan lamanya, dan dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang suatu masalah, standar, atau elemen penilaian secara spesifik. KARS melakukan jenis survei terfokus sebagai berikut:

Bila KARS menemukan adanya ketidakpatuhan yang serius terhadap standar, masalah perawatan atau keselamatan pasien yang serius, masalah regulasi atau sanksi, atau masalah serius lainnya dalam suatu rumah sakit yang terakreditasi atau program bersertifikat, yang mungkin menempatkan rumah sakit pada status Berisiko Untuk Penolakan Akreditasi.(Sumber :Buku Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 Tahun 2017.)

Posting Komentar untuk "4 Jenis Survei Akreditasi Rumah Sakit"