Pertolongan pertama hidung berdarah - mimisan- epistaksis

Ilustrasi/ Image: istockphoto
Hidung berdarah disebut juga dengan epistaksis atau mimisan, yaitu suatu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung.

Pendarahan pada hidung disebabkan benda tumpul,pukulan, benturan atau lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil.

Mekanisme pertolongan hidung berdarah (epistaksis)

Aliran darah akan berhenti setelah darah berhasil dibekukan dalam proses pembekuan darah. Sebuah opini medis mengatakan bahwa ketika pendarahan terjadi, lebih baik posisi kepala dimiringkan ke depan (posisi duduk)untuk mengalirkan darah dan mencegahnya masuk ke kerongkongan dan lambung.

Pertolongan pertama jika terjadi mimisan 

Pertolongan pertama jika terjadi mimisan adalah dengan memencet hidung bagian depan selama tiga menit. Selama pemencetan sebaiknya bernafas melalui mulut. Perdarahan ringan biasanya akan berhenti dengan cara ini. Lakukan hal yang sama jika terjadi perdarahan berulang, jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi pelayanan kesehatan terdekat.

Jika disebabkan tekanan, dapat digunakan kompres es untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi). Jika masih tidak berhasil, dapat digunakan tampon hidung. Tampon hidung dapat menghentikan pendarahan dan media ini dipasang 1-3 hari.

Kematian akibat pendarahan hidung adalah sesuatu yang jarang. Namun, jika disebabkan kerusakan pada arteri maksillaris dapat mengakibatkan pendarahan hebat melalui hidung dan sulit untuk disembuhkan.

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan