Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Kerja Perawat On Call di Kamar Operasi

Medianers ~ Jadwal kerja perawat di rumah sakit diberlakukan berdasarkan shift dinas. Dalam waktu 24 jam, terdapat 3 shift atau 3 kali pergantian dinas. Pada ruangan tertentu atau di kamar operasi sedikit berbeda, karena keterbatasan tenaga maka jadwal shift bisa dimodifikasi, diganti dengan perawat on call.

Apa sebetulnya pengertian perawat on call? Perawat on call yaitu, perawat yang siap dipanggil kapan saja dan tidak harus berjaga di rumah sakit. Boleh di rumah, atau beraktifitas di luar rumah sakit. Tapi, wajib datang saat dibutuhkan, baik siang maupun malam karena adanya tindakan operasi emergensi (cito).

Pada ruangan kamar operasi, berhubung pelaksanaan operasi terencana hanya pada pagi hingga sore, maka jadwal dinas perawat yang bertugas di kamar operasi shift pagi saja. Seandainya ada operasi emergensi pada malam hari, maka ditugaskan perawat on call sebagai bagian tim pembedahan.

Biasanya, pembagian jadwal dinas perawat on call di kamar operasi atau di Instalasi Bedah Sentral beragam. Ada pihak rumah sakit yang memberlakukan perawat wajib masuk dinas pagi, kecuali almanak merah. Sedangkan sore, malam, dan hari libur perawat dijadwalkan on call, manakala ada operasi harus siap datang kapan saja.

Ada juga rumah sakit memberlakukan perawat on call tidak perlu masuk pagi atau siang, tapi siap dipanggil kapan saja selama jadwal jaga atau jadwal on call. Jadwal dibagi berdasarkan ketersediaan tenaga yang akan dibagi menjadi beberapa tim. Dalam 1 tim, jumlah minimal perawat on call adalah 2 orang.

Demikianlah sekelumit tentang cara kerja atau jadwal kerja perawat on call di kamar operasi sebuah rumah sakit. Dan, jadwal kerja atau cara kerja perawat on call ini berbeda tiap rumah sakit, tergantung kebutuhan dan ketersediaan tenaga.(Anton Wijaya).

Terkait : Peran Perawat di Kamar Operasi

Posting Komentar untuk "Jadwal Kerja Perawat On Call di Kamar Operasi"