Proses Perkembangan Janin dalam Kehamilan

Medianers ~ Proses perkembangan janin dalam kehamilan perlu dipantau dari Minggu ke Minggu, atau minimal tiga kali selama kehamilan perlu diperiksakan kepada ahli kebidanan.

Dan, pembaca juga bisa mengetahuinya melalui artikel ini. Sebelumnya juga telah diulas per artikel, berikut rinciannya:

Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu ke-4 dan 8

Pertumbuhan janin pada kehamilan 4- 8 minggu dalam buku Sinopsis Obstetri Jilid 1 edisi 2 (1998), karangan Prof. Dr. Rustam Mochtar, MPH adalah, pada kehamilan 4 minggu panjang fetus (janin) 7,5 - 10 mm dan pada kehamilan 8 minggu panjang janin 2,5 cm.

Menurut buku panduan Prenagen, rentang kehamilan antara 4 sampai 8 minggu, adalah mulai membentuk organ. Diantaranya: Jantung janin mulai berdetak Tangan,kaki, telinga,rongga mata, dan hidung mulai terlihat. Sistem sirkulasi peredaran darah sudah mulai terbentuk. Pembuluh saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang juga mulai terbentuk. Informasi lengkap baca di Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke 5.

Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu ke-9

Pada kehamilan 9 Minggu, janin sudah mulai membentuk hidung,kuping jari jemari. Dan, kepala menekur ke dada.

Organ tubuh janin berkembang cepat. Diantaranya: Wajah mulai terbentuk , dengan kelopak tertutup.Tangan,kaki,siku, dan lutut mulai terbentuk. Darah sudah beredar melalui pembuluh-pembuluhnya.

Kemudian, sistem pencernaanya aktif dan ginjal sudah mulai berfungsi. Dan, rangka tubuh mulai kuat, otot-otot embrio juga mulai terbentuk.

Perkembangan Janin pada Kehamilan Minggu 18

Kehamilan Minggu ke-18, janin mulai membentuk Panca Indera. Seperti: mata, telinga,hidung dan mulut, dan otot-otot janin mulai aktif, ditandai denagan adanya tendangan-tendangan halus dari janin.

Kemudian, jenis kelamin sudah mulai dapat dibedakan. Ukuran kepala masih lebih besar dari ukuran tubuhnya. Serta kulit janin masih tipis, sehingga pembuluh darahnya tampak membayang merah ditubuhnya. Info terkait, baca di Perkembangan janin pada kehamilan Minggu 18.

Perkembangan Janin Minggu ke-24

Pada kehamilan Minggu ke-24, Perkembangan Janin adalah, sebagai berikut: Kulit sudah tidak tampak terlalu kemerahan, tetapi masih berkeriput karena belum memiliki cadangan lemak yang cukup.

Bulu mata dan alis sudah terbentuk sempurna. Janin akan bergerak sebagai respon terhadap apa yang anda lakukan, misalnya ketika anda melakukan relaksasi.

Telinganya sudah mulai bisa mendengar dengan baik. Sel-sel otak mulai berkembang pesat.Pada kehamilan minggu ke 24, ibu hamil disarankan mendengarkan musik klasik dan lagu pada janin. Untuk merangsang pendengaran dan sel-sel otak janin.

Demikianlah proses dan perkembangan janin dalam Kehamilan dari Minggu ke Minggu, yang dapat Medianers sajikan.(AW/Berbagai sumber)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan