Cincin Akik Bawa Petaka, Seorang Bapak Di Tolong di Rumah Sakit

Kamis, 9/4/2015 seorang bapak, 39 tahun di bawa keluarganya ke Rumah Sakit untuk di tolong, karena cincin yang terpasang di jari tengah tangan kirinya bermasalah. Melukai jari tengahnya dan cincin tidak bisa di keluarkan.

batu-akik-petaka
Penulis tanya, ketika korban akan di tolong di Kamar Operasi RSUD dr Adnaan WD, " Apa yang menyebabkan cincin tersebut bisa melukai jari tengah bapak? dan kenapa cincin tersebut  Tidak bisa di buka?"

Bapak itu (Mr.X) menjelaskan, " Cincin yang saya pakai ini  ringnya longgar, agar tidak lepas dengan mudah, saya halangi dengan cincin satu lagi di depannya, eh tau-tuanya cincin akik yang kelonggaran itu masuk dan menutupi cincin penyangga, akhirnya dalam satu jari cincin saya dua dan satu lagi di tutupi oleh cincin besar ini", ungkapnya.

Cincin yang menyatu dalam jarinya itu otomatis menganggu dan menyakitkan jari, serta sirkulasi darah ke ujung jari terhambat, di rumah sudah ia coba membuka dengan memutus ring. Usahanya tidak berhasil, malahan jari tengahnya luka, dan jari tengah mulai bengkak, dan ia cemas, akhirnya di bawa ke RSUD dr Adnaan WD.

Di Kamar Operasi di tolong oleh dr. Ridwan Muchtar, Sp.B dan Perawat Kamar Operasi Ari Wanhari, Amd.Kep. Tidak berapa lama, Cincin yang menjepit jari Mr.X dapat dibongkar dan dilepaskan dan Mr.X pun senyum lega, termasuk keluarganya di luar yang mengantarkan.

Pengakuan, dr. Ridwan Muchtar, Sp.B, " saat di tolong tadi, pasien tidak di bius umum". Sementara Ari wanhari menjelaskan, " Per mata/Batu akiknya dilepas dulu di lepas dari gagang, kemudian cincin penyangga yang mengganjal di dalam dikeluarkan dengan hati-hati, dan akhirnya bebas, serta cincin yang besar pun mudah di buka". Tandasnya.

Pantauan penulis, sejak 3 tahun terakhir sudah 2 kali pasien terjepit jarinya karena gagang batu cincin yang di tolong di RSUD dr Adnaan WD. Semoga ke depannya tidak ada lagi yang bermasalah dengan Batu cincin, hingga harus di tolong di Rumah Sakit.