Ini Dia Lumut Suliki Pantas di Koleksi

Beraneka ragam motif dan warna batu lumut suliki bikin liur penulis meleleh. Warna bercak hijau pada tengah bawah dalam gambar misalnya, seakan apik terlihat di pakai di jari manis. Sedangkan lumut Suliki Motif  suto (sutra) warna coklat muda ditengah atas dalam gambar juga buat penulis "mabuk kepayang" akan keindahannya.

batu-akik-lumut-suliki
Ragam Batu Akik  Lumut Suliki
Bentuk dan motif Batu Akik Suliki inilah yang membuat penulis selalu tertarik untuk membahasnya di Medianers, meskipun penulis sendiri tidak mengoleksinya, namun penulis jadi pengamat akan keindahan Lumut Suliki milik kawan  di Payakumbuh yang ia upload di Media Sosial.

Berbagai alasan, orang ingin dan menyukai batu akik Suliki, sebelumnya penulis juga telah membahas alasan kolektor ingin mengoleksi batu akik lumut Suliki di Medianers. Diantaranya, karena warna dan motif yang unik.

Ragam warna dan corak lumut suliki bervariasi, ada warna kuning, warna merah, warna putih campur biru, dan ada juga warna campuran (kombinasi). Menurut penulis, itulah yang membuat batu akik Suliki menjadi menarik dan pantas  di koleksi.

Berbeda dengan batu akik lumut lainnya yang ada di Indonesia, biasanya warnanya hanya hijau, tapi tidak pada batu akik lumut Suliki warnanya beragam dan motifnya selalu berbeda antara batu satunya dengan yang lainnya, boleh di katakan, batu lumut Suliki "limited edition" seakan memiliki serial yang  berbeda tiap produk.

Sayangnya, diantara kelebihan dan keunikan lumut Suliki, terdapat juga kekurangan, yakni dari segi harga. Bagi kolektor harus menyediakan uang yang lumayan untuk memilikinya, jika ingin memiliki lumut Suliki kualitas super, sebab yang tembus pandang, tanpa senter, dan punya motif unik serta warna menarik harganya mahal, di atas 1 jutaan.

Penulis sebagai pecinta sekaligus pengamat batu akik lumut Suliki, insha allah akan membahas kelebihan dan kekurangan batu akik lumut Suliki dilain kesempatan. (Anton Wijaya).