Tips Mengatasi Kerongkongan Sakit Saat Kabut Asap Kebakaran Hutan

Mengatasi-kerongkongan-sakit
Lemon tea
Image: istockphoto
Entah kenapa kabut asap kebakaran hutan tidak berhenti hingga saat ini (6/10), hampir 2 bulan ini pulau Sumatera dikepung kabut asap berbahaya.


Subuh menjelang pagi, luar biasa pekat kabut asap turun ke bumi, mungkin di bawa embun turun, bau menyengat tak terhindarkan. Jika sering beraktifitas di luar rumah meskipun pakai masker, " cirik hidung" bisa-bisa menyembul keluar sebesar "kerikil" warnanya hitam lagi.

Nafas terasa sesak, kerongkongan sakit di bawa menelan, serta diiringi batuk-batuk. Namun yang saya rasakan dan sangat menganggu sejak 1 bulan terakhir ini adalah kerongkongan sakit saat menelan dan bangun pagi serasa tercekik. 

Suatu senja, kebetulan saya berkunjung ke tempat salah seorang teman. Ia sedang meminum lemon tea. Lalu ia menceritakan lemon tea bagus untuk mengatasi kerongkongan sakit. 

Sejak 4 hari belakangan, saya coba pula atasi kerongkongan sakit ini dengan meminum lemon tea, ternyata benar, kerongkongan terasa segar, lendir yang menganggu seakan membuat tercekat serasa hilang seketika.

Kapan sebaiknya minum lemon tea hangat untuk atasi kerongkongan sakit ?

Saran saya, sebaiknya di minum 1 cangkir di pagi hari setelah bangun tidur. Dan, 1 cangkir  malam hari, menjelang tidur. Rupanya sebagai berikut:

Setelah anda bangun di pagi hari, minum dulu 2 gelas air putih hangat kuku. Kemudian buat secangkir teh hangat di tambah 1 sendok  gula, kemudian peras sepotong jeruk nipis, masukan kedalam teh hangat yang telah anda buat tadi. Diamkan kira-kira 10 menit, dan lemon tea siap di minum.

Habis 1 cangkir, coba anda rasakan apa yang akan terjadi ? Insha Allah rasa sakit saat menelan, serta kerongkongan sakit dan berlendir akan reda dan terasa hilang seketika. 

Minum satu kali, rasa sakit menelan belum tentu hilang sama sekali, sebaiknya anda ulangi minum lemon tea menjelang tidur. Berturut-turut selama 3 hari. Jika sakit tenggorokan berlanjut,sebaiknya anda periksakan ke dokter THT, kemungkinan peradangan di tenggorokan mengalami infeksi yang butuh pengobatan serius.
Terkait : Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Bencana Kabut Asap
Oh ya, bagi anda penderita maag tidak di anjurkan tips meminum lemon tea untuk mengatasi rasa sakit pada tenggorokan ini. Sebab bisa meningkatkan asam lambung anda. Kalau pun anda penasaran ingin mencoba sebaiknya minum secangkir lemon tea setelah makan/ sarapan (AntonWijaya).