Ini caranya, 1 bulan berat badan turun 5 kg, tubuh menjadi berotot dan kekar

Anda Ingin menurunkan berat badan dan tubuh berotot ? Sangat gampang caranya. Pastinya, tubuh berotot idaman setiap pria , juga wanita, ingin pasangannya tampil kekar dan bugar. Untuk mendapatkan berat badan ideal dan berotot hanya butuh kesungguhan dan disiplin. Silahkan lanjutkan membaca jika anda ingin tau.

Program latihan fisik tentunya hal sangat penting dilakukan untuk membentuk masa otot. Untuk mendapatkan tubuh berotot dan berat badan ideal, maka saling berkaitan antara mengatur pola dan menu makanan, latihan fisik ditambah istirahat yang cukup. 

Instruktur fitness saya mengatakan," jika abang benar-benar ingin menurunkan berat badan dan membentuk masa otot, maka 3 hal yang wajib abang lakukan, satu latihan fisik sesuai program, dua konsumsi makanan tinggi protein, sayuran dan buah-buahan, 3 istirahat yang cukup.

Kemudian, instruktur saya, Chandra pemilik Dragon Gym dan Fitness di Kota Payakumbuh memberi jaminan, bahwa "dalam tempo 3 bulan, abang akan mendapatkan hasil maksimal " Katanya.

Tidak bermaksud sombong, saran dan program latihan yang diberikan Candra saya laksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten dalam 1 bulan, yakni dari tanggal 23/10/2015 sampai dengan tanggal 23, bulan berikutnya, maka hasil yang saya dapatkan seperti gambar di bawah ini: 
Gambar kiri sebelum dan gambar kanan setelah latihan 1 bulan. Berat badan turun 5 kg dan tubuh berotot/ dokumentasi medianers
Nah, bagaimana caranya dalam tempo 1 bulan berat badan turun 5 kg dan tubuh berotot? Silahkan lanjutkan membaca.

1. Latihan fisik sesuai program dan anjuran instruktur

Pertama kali, saya diminta melakukan treadmill selama 8 menit. Setelah itu, diajarkan gerakan dan teknik membentuk otot bahu. Selesai latihan membentuk otot bahu, membentuk otot tangan ( bisep) dan terakhir, latihan memberantas lemak di perut agar kelihatan six pack.

Di hari kedua, pembuka latihan tetap treadmill atau mengayuh sepeda tanpa roda. Kemudian masuk pada program membentuk otot sesi kedua, yaitu membentuk otot dada, dan membentuk otot tangan (trisep), sedangkan latihan fisik penutup adalah latihan otot perut, dengan aneka variasi serta menggunakan bantuan alat.

Di hari ketiga, treadmill sebagai pembuka latihan untuk membakar lemak wajib dilakukan selama 8 menit, durasi boleh ditingkatkan jika stamina sanggup untuk melakukannya. Kemudian latihan berlanjut membentuk otot sayap dan punggung, usai itu, lanjut pada latihan membentuk otot tangan ( bisep) dan, terakhir sebagai penutup latihan otot perut.

Di hari ke empat libur dari latihan fisik, untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh. Massa otot akan bertambah di saat istirahat, tentunya dengan pemasukan nutrisi yang cukup, terkait ini, nanti saya jelaskan, silahkan lanjut membaca.

Di hari keempat, instruktur menawarkan latihan membentuk otot paha dan pantat, pilihan ini terserah anda, apakah mau atau tidak, kebetulan saya untuk saat ini, fokus dulu membentuk 3 otot besar, yakni otot bahu, dada dan sayap, rencana di bulan kedua akan masuk pada latihan membentuk otot paha dan pantat.

Di hari selanjutnya, gerakan dan teknik latihan yang telah di ajarkan saya laksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

2. Mengatur menu dan pola makan

Latihan fisik saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal yang berotot, akan tetapi wajib disiplin menjaga pola makan. Terkait ini, sudah saya posting sebelumnya dengan judul cara mengatur pola makan dan diet setiap hari. Tentang mengatur pola makan tidak lagi saya jelaskan di postingan ini, silahkan baca di link tersebut.

Menu yang baik untuk membentuk masa otot adalah protein, sebab protein zat pembangun. Sesuai saran instruktur, protein yang baik untuk membentuk masa otot bisa di dapatkan di dada ayam. Untuk pemula minimal konsumsi 1-2 potong dada ayam setiap hari. Kemudian protein tinggi juga bisa di dapatkan pada putih telur. Putih telur ini sangat gampang di dapatkan di bumi Minang Kabau, karena banyak warung atau kedai bandrek menyisakan putih telur, 1 kantong plastik ukuran 1/4 kg dengan kisaran harga 3-5 ribu rupiah saja. Sebab, dalam membuat teh telor atau bandrek telor, putihnya tidak dimasukan, jadi dari pada terbuang di jual murah oleh pemilik warung.

Putih telur tersebut, di olah dirumah, dibungkus dan di rebus, lalu potong-potong. Agar tidak bosan mengkonsumsinya, anda bisa campurkan dengan buah seperti pisang, apel, lalu potongan putih telur yang sudah direbus di blender bersama buah, jadilah jus buah putih telur, terasa enak diminum dan tidak membosankan.

Protein lainnya bisa anda dapatkan melalui susu kedelai. Susu kedelai juga bisa di jus bersama putih telor.

Menu makan tidak harus yang mahal, banyak kandungan protein alami yang bisa anda dapatkan murah dan banyak di pasaran, seperti tahu dan tempe.
Terkait : Mengatur diet makanan sehat dalam rangka menjaga berat badan ideal
Dalam membentuk masa otot, anda wajib menghindari konsumsi lemak dan karbohidrat berlebihan, bukan berarti tidak boleh memakannya. Tapi, diatur. Makan bebas cukup siang, sekitar pukul 1-2 siang, kira-kira 2 jam menjelang latihan fisik. Dan, setelah latihan, menjelang istirahat tidur, stop makan nasi atau mengkonsumsi karbohidrat dan lemak, tapi konsumsilah segelas susu kedelai, sepotong dada ayam atau segelas jus putih telur campur buah atau sepiring sayuran.

3. Istirahat dan tidur yang cukup

Seusai latihan fisik, istirahatkan tubuh anda yang cukup, pukul 09.00 wib usahakan masuk kamar dan tidur. Sesuai anjuran kesehatan, istirahat dan tidur kurang lebih 8 jam dalam 1 hari.

Istirahat dan tidur sangat penting untuk membentuk masa otot. Di saat istirahat otot mendapat asupan nutrisi yang telah kita konsumsi. Dan, di saat istirahat dan tidur tenaga kembali pulih untuk melanjutkan program latihan esok hari.

Terakhir, 3 kunci sukses di atas bisa dilaksanakan hanya dengan sungguh-sungguh, konsisten dan disiplin. Sebab, banyak faktor dan alasan akan mempengaruhinya. Salah satu alasan yang saya maksud, silahkan baca di postingan ini menjaga berat badan ideal butuh disiplin tinggi.

Kira-kira demikianlah yang dapat medianers informasikan tentang program latihan mendapatkan berat badan ideal dan berotot untuk pemula, sebagaimana yang telah penulis praktekkan selama 1 bulan. Jika anda tertarik silahkan coba, jika ini menarik, silahkan bagikan pada teman anda. (AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan