Ini Tanda-tanda Awal Kehamilan Wajib Anda Ketahui

Medianers - Banyak pasangan suami istri baru menikah menantikan kehadiran anak. Kehamilan bagaikan setitik air di padang pasir bagi istri yang belum pernah hamil dan punya anak. Bahkan, ada wanita bermimpi di malam hari merasa sedang hamil, karena saking inginnya punya anak. Dan, banyak juga ibu-ibu yang tidak lagi ingin punya anak, tapi tiba-tiba tanpa perencanaan hamil.

Itulah fenomena, di satu sisi banyak wanita yang mendambakan kehamilan, di sisi lain menolak untuk hamil, karena persiapan belum matang, baik secara psikologis maupun faktor ekonomi dan keadaan rumah tangga yang tidak memungkinkan. Namun, bagaimanapun juga kehamilan adalah anugrah yang patut di syukuri dan di jaga, agar janin dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagi ibu/wanita muda yang menginginkan kehamilan, perlu mengetahui tanda-tanda umum terjadinya kehamilan, agar memudahkan untuk merawat dan menjaga tubuh dari segala resiko buruk, abortus misalnya, atau janin tidak berkembang dengan baik mungkin. Untuk itu, medianers membagikan tanda-tanda umum awal kehamilan yang lazim di temui, sebagai berikut:

Tanda-tanda awal kehamilan adalah Telat datang bulan ( menstruasi)
Tanda-tanda-kehamilan
Ilustrasi telat datang bulan/ Istockphoto
Tanda-tanda awal kehamilan adalah telat datang bulan (Menstruasi). Biasanya menstruasi tidak datang karena pembuahan sudah terjadi di alat reproduksi anda. Namun, telat datang bulan tidak selalu diartikan bahwa anda akan hamil, sebab banyak faktor lain yang mempengaruhi telat bulan, bisa saja karena pengaruh hormon, stress, dan lain-lain. Meski begitu, salah satu tanda-tanda awal kehamilan yang mudah dikenali adalah telat datang menstruasi.

Tanda-tanda umum kehamilan yaitu Merasa Malas dan Letih
Tanda-tanda-awal-kehamilan
Ilustrasi malas dan letih /Istockphoto
Tanda-tanda umum awal terjadi kehamilan adalah anda merasa letih, ingin bermalas-malasan, tidur-tiduran dan tidak bersemangat. Ini terjadi karena faktor hormonal dalam tubuh, dan perubahan ini dalam beberapa waktu kemudian akan hilang.

Tanda-tanda umum kehamilan adalah Pusing, Mual dan Muntah
Pusing-mual-muntah
Ilustrasi mual dan muntah / istockphoto
Salah satu tanda-tanda kehamilan adalah Pusing, mual dan muntah. Tanda-tanda tersebut merupakan hal alami saat awal kehamilan. Pusing,mual dan muntah ini disebabkan oleh pengaruh hormon progesterone, estrogen dan human chorionic gonadotopin (hCG).

Tanda Kehamilan Nyeri Pada Ari-ari dan Pinggang
Nyeri ari-ari dan pinggang / istockphoto
Tanda-tanda kehamilan juga disertai nyeri pada ari-ari dan pinggang. Rasa nyeri berulang dan menetap hingga anda melahirkan. Nyeri pada ari-ari dan pinggang merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan yang patut di ketahui. Namun, tidak selalu nyeri pada pinggang dan ari-ari disebut hamil, ada tanda dan gejala mirip tapi penyakit lain, bukan karena hamil.

Tidak menyukai aroma wangi atau bau-bauan.
Tanda-tanda-kehamilan
Aroma wangi dan bau-bauan / istockphoto
Tidak menyukai aroma wangi atau bau menyengat/busuk merupakan salah satu tanda-tanda hamil. Tanda dan gejala ini sering ditemukan pada ibu muda baru hamil.

Biasanya, wanita baru hamil akan sensitif dengan aroma tertentu, misal sebelumnya suka aroma parfum suami, tiba-tiba ia tidak menyukai, dan setiap tercium aroma parfum tersebut, istri komplain. Dan, biasanya sering komplain dengan bau keringat suami atau bau rokok, yang biasanya tidak masalah.

Ngidam sesuatu secara tiba-tiba
Tanda- tanda-kehamilan
Ilustrasi ngidam sesuatu / istockphoto
Ada-ada saja keinginan anda terhadap makanan atau minuman atau sesuatu benda, anda sangat ingin menutupinya. Rasa ingin tersebut datang secara tiba-tiba, bahkan diluar dugaan. Anda sangat menginginkan buah durian di saat bukan musim durian misalnya, atau ingin makan bubur kacang padi di tengah malam misalnya.

Keinginan untuk mendapatkan sesuatu itu, membuat air liur anda meleleh dalam kerongkongan saking inginnya, dan anda mendesak suami atau orang dekat anda untuk mendapatkannya.

Positif Tes Kehamilan
Tanda-tanda-awal-kehamilan
Positif tes kehamilan
Di saat anda mengalami seperti tanda-tanda yang telah diuraikan di atas, dan anda belum yakin bahwa anda belum hamil, maka sebaiknya pastikan dengan pemeriksaan tes kehamilan di rumah secara mandiri cara sangat mudah, ikuti saja petunjuk yang ada di brosur, atau klik link.

Pemeriksaan tes kehamilan melalui urine dirumah sangat membantu untuk mengetahui bahwa anda hamil atau tidak. Jika anda positif hamil, sebaiknya segera periksakan pada ahli kandungan. Janin yang ada dalam rahim bisa diketahui melalui USG berapa besar dan diameternya. Dan, apa yang harus anda lakukan untuk menjaga janin dalam kandungan agar tetap sehat serta apa yang harus anda konsumsi agar anda selalu tetap fit dan sehat dalam menjalani proses kehamilan dan persalinan.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan