Si Bujang : Payah mencari lawan bicara saat ini, semuanya diskusi pakai jari

Disorientasi-sosial-akibat-media-sosial
Berkumpul tapi saling unjuk jari / Gambar : Si Bujang
Medianers ~ Beginilah kondisi dewasa ini, sesuai kritikan Si Bujang melalui gambar. Bahwa tidak jarang kita berkumpul, tapi asyik dengan gadget sendiri, komunikasi lewat jari, ketawa-ketiwi sendiri, mungkin sedang mengomentari sesuatu yang menyita perhatian, tapi mengacuhkan teman di samping dan depan.

Di kantin, tempat ngopi, bahkan di rumah, gadget telah banyak menyita waktu penggunanya. "Biang keladi" dari semua ini adalah media sosial. Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.

Kritik Si Bujang, "Lah payah mancari kawan maota di lapau kini... Sadonne maota jo jari." Unggahnya di Facebook. Artinya, "Payah mencari lawan bicara di warung saat ini, semuanya diskusi pakai jari."

Si Bujang adalah Tokoh kartun yang selalu update berbahasa Minang Kabau di Facebook. Tokoh Si Bujang cendrung mengkomunikasikan gejala sosial dalam berbentuk komik.

Jika dalam jangka waktu lama begini, bisakah seseorang disebut gangguan mental, seperti disorientasi sosial? Menurut KBBI online , pengertian disorientasi adalah "kehilangan daya untuk mengenal lingkungan, terutama yang berkenaan dengan waktu tempat dan orang."(AntonWijaya)