Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Perlengkapan Ibu dan Bayi Sebelum Proses Melahirkan

Medianers ~ Calon Ibu dan Ayah pasti harap-harap cemas menunggu kelahiran bayi. Apalagi bayi yang dinanti merupakan kelahiran perdana. Bagi Ibu hamil baru pertama kali akan punya anak sedikit bingung perlengkapan apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut proses kelahiran bayi.

Beruntunglah bagi ibu hamil yang masih punya orang tua dan suami perhatian akan kebutuhan calon bayi, sehingga istri yang lagi hamil dapat bantuan dalam melengkapi kebutuhan istri dan calon bayi.

Namun bagi ibu hamil dan calon ayah yang hidup di rantau dan baru pertama kali akan memiliki bayi, tentunya sedikit bingung hal-hal apa saja yang harus ia siapkan, terkait kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir dan kebutuhan ibu pasca melahirkan.

Medianers telah merangkum dan menyiapkan beberapa daftar yang perlu disiapkan oleh calon Ibu dan Ayah sebelum proses melahirkan, diantaranya sebagai berikut:

10 Perlengkapan Ibu Hamil Sebelum Melahirkan

Daftar perlengkapan ini penulis sampaikan berdasarkan pengalaman saat penulis bekerja di Rumah Sakit, yang mana calon ibu atau ayah sering kelupaan membawanya saat proses melahirkan, sehingga menjelang proses melahirkan, sang suami (calon ayah) masih saja berkeliaran mencari kebutuhan istri ke toko/ pasar. Padahal, seharusnya saat proses melahirkan suami wajib mendampingi istri saat mengedan, agar istri dapat bantuan moral dari orang yang ia sayangi. Perlengkapan yang penulis maksud adalah :

  1. Siapkan pembalut, minimal 1 box (isi 20)
  2. Siapkan minimal kain panjang 2 helai dan kain sarung 2 helai
  3. Siapkan gurita minimal 3 helai
  4. Siapkan selimut minimal 1 helai
  5. Siapkan baju ganti longgar miliki kancing 6 helai, pakaian yang dimaksud seperti baju tidur
  6. Siapkan bra ibu menyusui minimal 6 helai, bra yang dimaksud ada semacam pintu/ ventilasi di area puting, agar mudah menyusui bayi
  7. Siapkan celana dalam longgar dan miliki kancing di sampingnya, agar mudah di buka dan pasang
  8. Siapkan perlengkapan mandi, seperti handuk, sabun, odol, dan gosok gigi.
  9. Siapkan bedak dan wangi-wangian.
  10. Siapkan sandal, plastik pakaian kotor dan lain-lain.
Sepuluh macam perlengkapan ibu hamil di atas, di susun rapi dalam tas jinjing. Perlengkapan tersebut disimpan di tempat yang mudah dijangkau, jika sewaktu-waktu ibu hamil mengalami tanda-tanda akan bersalin(melahirkan), maka tas dengan mudah diambil, suami dan ibu hamil siap untuk berangkat ke Rumah Sakit atau ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.
10 Perlengkapan Bayi Penting Disiapkan
Perlengkapan buat bayi baru lahir hampir sama halnya dengan perlengkapan sang ibu, sebaiknya disimpan rapi dalam tas terpisah, artinya persiapan menjelang bersalin ada 2 tas jinjing. Isi dalam tas adalah sebagai berikut:
  1. Lengkapi pakaian bayi, seperti baju dan celana minimal 1 lusin. Perkiraan untuk 3 hari pakai di pelayanan kesehatan.
  2. Siapkan kain untuk badung bayi sebanyak 1 lusin.
  3. Siapkan gurita untuk bayi sebanyak 1 lusin. Pemakaian Gurita pada bayi ada yang dianjurkan dan ada yang tidak direkomendasikan oleh tenaga kesehatan, namun demikian tetap perlengkapan bayi ini disiapkan.
  4. Siapkan minimal 6 helai selimut bayi.
  5. Siapkan perlengkapan mandi bayi, seperti sabun, baby oil, bedak, dan handuk bayi.
  6. Siapkan sarung tangan dan sarung kaki bayi minimal 1 lusin.
  7. Siapkan minyak kayu putih atau minyak telon.
  8. Siapkan wewangian untuk pakaian bayi.
  9. Siapkan perlak/ alas tahan air khusus bayi.
  10. Siapkan popok bayi minimal 1 lusin.
Perlengkapan untuk perawatan bayi baru lahir di atas khusus di siapkan menjelang akan bersalin. Agar Ayah dan Ibu tidak kocar-kacir saat di Rumah Sakit atau di pelayanan kesehatan.

Baca Juga : Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan

Sedangkan perlengkapan bayi baru lahir di rumah, pasca pulang dari rumah sakit perlu beberapa tambahan, seperti tempat mandi bayi, ada yang berbentuk baskom dan ada yang berbentuk kursi setengah tidur. Kemudian, perlu juga disiapkan tempat tidur bayi anti nyamuk dan lain-lainnya. Namun, 10 perlengkapan ibu dan bayi sebelum melahirkan di atas sangat penting dilengkapi menjelang proses persalinan.(AntonWijaya)