Tips Mengendalikan Kolesterol di Bulan Ramadan

Medianers ~ Sebelas bulan dalam 1 tahun umat muslim bebas memilih makanan dan mengkonsumsi makanan dan minuman apa saja, kecuali yang haram. Kadang jadwal makan tidak teratur, menu sembarangan dan porsinya bahkan bisa-bisa melebihi kapasitas perut yang penting hajar!

Tibalah bulan suci ramadan, bulan dimana umat muslim diwajibkan menahan haus, dan lapar serta menahan hawa nafsu. Jadwal makan dan minum pun di atur, yakni berbuka setelah matahari terbenam (maghrib) dan sahur, makan akhir malam menjelang matahari terbit ( subuh). 
Penyebab-kolesterol-dalam-darah-tak-terkontrol
Hal demikian tentunya sangat bagus bagi kesehatan. Terutama dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, penyebab dari tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah gaya hidup, pola makan tidak teratur, mengkonsumsi makanan "sampah" dan minuman instan berkarbonasi.

Tentunya di bulan ramadan, mengkonsumsi makanan sembarangan tempat, junk food dan minuman instan lainnya dapat dihindari dan diminimalisir. Sebab, saat berbuka, siapa pun pasti ingin berkumpul dengan keluarga di rumah. Cendrung menu yang ada dirumah di olah dan dibuat masih segar, demikian juga saat sahur.

Tips Mengendalikan Kolesterol di Bulan Ramadan

Bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit jantung karena kadar kolesterol tinggi dalam darah, maka sangat beruntung di bulan ramadan ini mengendalikannya. Berikut tips yang dapat medianers sampaikan:
  1. Berbukalah dengan segelas air putih atau jus. Saat sirine berbunyi, pertanda waktu berbuka telah tiba, maka lepaskanlah puasa anda dengan meminum air putih hangat kuku, atau dengan jus timun atau pepaya.
  2. Kemudian tunaikan sholat maghrib.
  3. Setelah selesai sholat, lanjutkan dengan mencicipi sepotong buah apel atau pisang.
  4. Lalu, ambil nasi secukupnya dan lauk-pauk serta sayuran.
  5. Makanan penutup, boleh ditambah dengan sepotong jelly.
  6. Hindari makanan berminyak.
  7. Jangan merokok setelah berbuka. Bila siang hari anda bisa menahan, kenapa malam tidak?
  8. Bila masih lapar setelah menunaikan sholat tarawih, anda bisa mengkonsumsi semangkuk kolak buatan ibu/istri atau keluarga tercinta. Atau kalau anda pecinta kopi atau teh, maka silahkan nikmati secangkir.
  9. Istirahatlah.
  10. Saat sahur, hindari minum teh dan kopi. Tapi nikmatilah air putih suam kuku dan sepiring nasi serta lauk pauk serta sayuran. Dan jangan lupa konsumsi buah-buahan.
  11. Selepas sahur, jangan langsung tidur, tapi tunggu hingga subuh. Setelah menunaikan ibadah sholat subuh. Silahkan beristirahat.
  12. Lakukan hal ini secara konsisten selama 1 bulan penuh.
  13. Bilamana anda penderita hipertensi dan kolesterol tinggi, setelah mempraktekkan tips di atas. Saat lebaran, periksalah kadar kolesterol dalam darah anda. Maka anda akan terkagum melihat hasilnya, silahkan di praktekkan.
Sesungguhnya tips mengendalikan kadar kolesterol di bulan ramadan ini adalah salah satu keuntungan bagi umat muslim yang menunaikan ibadah puasa dengan benar. Bukan menjaga hawa nafsu di siang hari saja, tapi di malam hari tetap mengontrol jenis makanan yang akan di lahap. Sebab menjelang berbuka, banyak jenis makanan yang ditawarkan di pasar pabukuon yang belum tentu baik untuk kesehatan.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan