Mengenal Definisi, Lowongan Kerja, Gaji, dan Tanggung Jawab Perawat

Mengenal-profesi-perawat
Medianers ~ Jika ditilik dari definisi perawat maka pengertian perawat adalah seorang profesional lulusan pendidikan Keperawatan, baik diploma 3 Keperawatan maupun S1 Keperawatan + Ners yang memiliki tugas dan tanggung jawab dibekali skill dan keahlian dalam merawat pasien. Baik individu maupun masyrakat.

Perawat dapat dibedakan menjadi dua, yakni Perawat vokasional dan Perawat profesional. Perawat vokasional adalah Perawat tamatan SPK (sekarang sekolahnya ditutup), dan tamatan Akper (d3 Keperawatan). Sedangkan Perawat profesional adalah perawat tamatan S1 Keperawatan + Ners.

Tanggung jawab Perawat 

Perawat bertanggung jawab terhadap kesehatan individu, masyarakat, bangsa dan negara dalam menjalankan profesinya, serta Perawat juga bertanggung gugat terhadap apa yang telah ia kerjakan dalam melayani masyarakat.

Selain memiliki tanggung jawab moral terhadap kesehatan masyarakat, Perawat juga bertanggung jawab terhadap diri sendiri dalam mengembangkan karir, dan transfer ilmu serta bimbingan klinik pada junior dan mahasiswa Keperawatan di pelayanan kesehatan, termasuk memiliki tanggung jawab terhadap pengabdian ke masyarakat.

Lowongan Kerja Perawat

Lowongan kerja Perawat  banyak terdapat di rumah sakit, klinik dan Puskesmas, namun tidak tertutup kemungkinan Perawat bisa bekerja dimana saja atau di instansi lain selain rumah sakit, klinik dan Puskesmas. Seperti yang pernah medianers uraikan di postingan 8 Alasan menjadi Perawat.

Lowongan kerja Perawat sangat terbuka lebar di luar negri, dan lowongan kerja Perawat juga ada di perusahaan, tergantung Perawat berminat atau tidak serta gigih mencari informasi tentang loker Perawat di media cetak maupun online dan info dari Perawat lainnya yang sudah bekerja.

Gaji Perawat 

Gaji Perawat tergolong rumit diungkapkan, sebab sangat beragam. Jika Perawat bekerja disebuah perusahaan bonafid di luar negri, tentu saja gajinya besar dan sangat layak. Namun, jika diamati di dalam negri gaji Perawat standar sesuai UMR, bahkan ada di bawah UMR. Tidak penting apakah perawat tamatan d3 atau Ners.

Namun Perawat lulusan d3 Keperawatan dan s1 ners yang berstatus sebagai PNS jelas terdapat perbedaan, penggajian sesuai golongan dan jabatan, termasuk tunjangan fungsional akan ada perbedaan. Sedangkan Perawat yang bekerja di instansi Pemerintah tapi berstatus sebagai tenaga kontrak, biasanya gajinya menyesuaikan UMR daerah setempat.

Selain gaji, biasanya Perawat yang bekerja di Rumah Sakit akan mendapatkan jasa pelayanan, atau jasa medis serta jasa dinas malam. Besarnya tergantung tarif dan kesepakatan pengambil kebijakan. Besar jasa ini pun berbeda tiap rumah sakit. Dan, pada umumnya jasa pelayanan yang didapatkan Perawat ini melebihi besarnya dari gaji pokok.

Namun pendapatan jasa Perawat ini tidak merata di seluruh daerah atau instansi lain, ada juga daerah yang tidak memberikan jasa pelayanan pada Perawat, atau memberikan jasa pelayanan rendah dan waktu pemberian tidak menentu. Pemberian jasa pelayanan perawat ini tergantung kebijakan daerah tempat Perawat bekerja.
Terkait : Fakta Unik tentang Perawat, Bidan dan Dokter 
Demikianlah sekelumit tentang profesi Perawat yang dapat medianers informasikan. Di postingan ini, mungkin masih ada yang tidak tersampaikan tentang profesi Perawat. Dan sebaiknya pembaca mencari info tambahan di artikel lainnya di medianers.(AW).