Ini Rangkaian Kegiatan HUT PPNI ke 43 di Sumatera Barat

Medianers ~ Dalam rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (HUT-PPNI) ke 43 tahun yang jatuh pada Jumat, 17 Maret 2017, sejumlah daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat melakukan kegiatan penyuluhan dan demonstrasi cuci tangan (hand hygiene) pada masyarakat, baik di pelayanan publik maupun di sekolah.

Kegiatan cuci tangan dan penyuluhan kesehatan di hari ulang tahun PPNI ini, dibingkai dalam satu tema, yakni "Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat." Komando dari DPP-PPNI hingga ke wilayah dan daerah sama, bahwa seluruh pengurus PPNI di Indonesia dihimbau menggalakan , mendemonstrasikan pada masyarakat bagaimana hidup sehat melalui cara cuci tangan yang benar sesuai standar kesehatan dan WHO, baik cara cuci tangan menggunakan air maupun cara cuci tangan dengan bahan kimia (handrub).

Tangan sebagai media penyalur infeksi karena kuman maupun bakteri menjadi perhatian penuh oleh PPNI. Bagaiamana pun juga pencegahan lebih baik dari pengobatan. Dengan adanya penyuluhan di berbagai daerah di Indonesia maupun di Sumatera Barat harapannya tentu membawa dampak positif, yakni sadar dan peduli akan kebersihan tangan sebelum makan, dan mampu melakukan cuci tangan 6 langkah.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Perawat yang tergabung dalam PPNI di Sumatera Barat (Sumbar) selain mendemonstrasikan cuci tangan, juga memberi penyuluhan kesehatan reproduksi bagi remaja, serta melakukan aksi donor darah untuk membantu pasien yang membutuhkan. 

Berdasarkan pantauan medianers yang dihimpun melalui media sosial, inilah berbagai kegiatan yang dilakukan PPNI kota maupun Kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Diantaranya sebagai berikut:
hut-ppni-43-tahun
Dalam Rangka HUT PPNI ke 43, Bukittinggi / Photo: Anil Basya
hut-ppni-43-tahun
Dalam Rangka HUT PPNI ke 43, Bukittinggi / Photo: Anil Basya
hut-ppni-43-tahun
PPNI Komisariat Rumah Sakit Siti Rahmah, Padang/ Photo: Zainimar
hut-ppni-43-tahun-hand-hyenege
PPNI Komisariat RSUP dr M Djamil Padang,/ Photo: Adzanri
demonstrasi-cuci-tangan-hut-ppni-43-tahun
PPNI Kota Padang Panjang gerakan
cuci tangan di sekolah / Photo: Mery Febriyeni
kegiatan-perawat-hut-ppni-43-tahun
PPNI Lubuk Sikaping, Pasaman Timur/Photo: Anggia Kurniawan.
Cuci-Tangan-HUT-PPNI-43-Tahun
Demonstrasi cuci tangan massal di Kab.Pasbar/
Photo: Agus Isnadi
Gambar di atas merupakan kegiatan PPNI di beberapa kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Masih ada kegiatan PPNI kabupaten dan kota lainnya di Sumbar yang yang luput dari pantauan medianers. Demikianlah rangkaian kegiatan bakti Perawat pada negri, dalam rangka memperingati hari jadi PPNI, bahwa mengingatkan Perawat telah 43 tahun merawat bangsa. Dan, akan selalu ada sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan(Aw).

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan