Jenis Sayatan Operasi Caesar

Medianers ~ Ada yang bertanya via online pada penulis tentang Jenis Sayatan Operasi Caesar itu seperti apa? Sebetulnya penulis telah pernah menjelaskan melalui postingan berjudul Cara Jitu Perawatan Luka Operasi Caesar dan Anda Mau Tau Cara Kerja Operasi Sectio Caesaria.

Meski telah pernah diposting, ya tidak apa-apa kembali dijelaskan bahwa Jenis Sayatan Operasi Caesar itu ada 2 jenis utama, yakni berbentuk transversal ( tegak) dan horizontal (melintang), uraiannya sebagai berikut:

Insisi/ Sayatan Operasi Caesar (SC) Transversal

Jenis Sayatan transversal ini sudah mulai ditinggalkan oleh ahli dokter kandungan dan kebidanan, karena tidak kosmetik, meninggalkan bekas yang jelek. Kecuali pada kasus-kasus tertentu, misal waktu pertama kali pasien operasi caesar ia dengan sayatan tranversal maka operasi melahirkan selanjutnya bekas luka lama kembali disayat.

Kemudian sayatan tranversal dilakukan apabila ahli kebidanan menginginkan membuka lokasi operasi menjadi lebar karena sesuatu hal penyulit, maka Insisi transversal menjadi pilihan.

Insisi/ Sayatan Operasi Caesar (SC) Horizontal

Dewasa ini jenis sayatan operasi caesar paling banyak dilakukan adalah sayatan melintang/ horizontal karena bekas luka nyaris tidak kelihatan setelah penyembuhan, sebab arah sayatan mengikuti garis perut.

Bagi wanita gemuk, bisa saja bekas luka tidak kelihatan karena tertutup lipatan gelambir lemak. Jadi jenis sayatan horizontal sangat bagus untuk kosmetik. Kalau dilihat sepintas lalu, orang lain tidak akan percaya bahwa ia pernah operasi. Kecuali mengalami keloid, berpotensi bekas luka tampak jelas dan buruk meski dengan jenis sayatan melintang.

Kira-kira demikianlah dua jenis sayatan operasi sectio caesar yang sering dilakukan oleh ahli kebidanan di kamar operasi. Semoga tulisan ini bisa dipahami. Kalau ragu, silahkan bertanya, dan manakala bermanfaat bagikan ke yang lainnya. Terima kasih.(AW)
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan