Tribun News Wajib Tau, Membedakan Antara Mahasiswa Kebidanan dengan Perawat

Medianers ~ Beberapa hari terakhir di bulan April 2018, media online grup Tribun News terlihat tidak paham membedakan antara mahasiswa keperawatan dengan mahasiswa kebidanan. Bahkan, seorang mahasiwa kebidanan disebut sebagai Perawat.

Kalau Anda tidak percaya, silahkan browsing, lihat media surabaya.tribunnews.com memberi judul, "Heboh Perawat Cantik Hina Pasien BPJS, 3 Mahasiswi Akbid Ungkap Fakta Sesungguhnya."

Pokoknya, media yang ada domain tribun, seperti bangka.tribunnews.com, juga menuliskan mahasiswa kebidanan dimaksud dengan sebutan Perawat. Judul beritanya,"Perawat Cantik Hina Pasien BPJS di Facebook, Ocehannya Viral dan Bikin Geram."

Bagi insan keperawatan, terutama yang berprofesi Perawat tentu tidak bisa menerima kekeliruan media mainstream tersebut, bahwa perlu disanggah dan diluruskan sebagaimana mestinya, agar publik dan pembaca juga tau.

Sebab, dalam pemberitaan yang dimaksud adalah, tiga orang mahasiswi Akbid fotonya disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Lalu, orang tersebut menghina pasien pengguna kartu BPJS, dan menjadi viral di media sosial.

Foto tiga mahasiswi Akbid Kudus yang disalah gunakan oleh akun tidak bertanggung jawab dimaksud merupakan tiga mahasiswi Akbid, bernama Nimatul Maghfuroh, Rizatul Umami, dan Emilla Iftahul Farihah. Yang mana, fotonya telah diunggah oleh orang tak dikenal dengan nama akun Devita Silviyia Analisa Putri. 

Ulah unggahan dan status kontroversial Devita Silviyia Analisa Putri yang menggunakan foto tiga orang mahasiswa Akademi Kebidanan akhirnya menyeret profesi Perawat.

Beda Antara Mahasiswi Kebidanan dengan Keperawatan

Penulis ingin menegaskan, bahwa mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) setelah tamat kuliah akan menjadi Bidan, bukan menjadi Perawat. Cikal-bakal profesi Perawat adalah mahasiswa/i Akademi Keperawatan (Akper) atau dari Fakultas Ilmu Keperawatan. Jadi tidak ada kaitannya antara mahasiswa Akbid dengan Perawat, sebagaimana judul maupun konten berita tribunnews di atas.

Terkait : Informasi Detil Tentang Kuliah di Jurusan Keperawatan

Secara berpakaian, mahasiswi kebidanan sangat mudah dibedakan dengan mahasiwa/i keperawatan. Pada umumnya, mahasiswi kebidanan seragam atau baju dinasnya berwarna putih dan bergaris biru di lengan serta jilbab. Sedangkan seragam mahasiswa/i keperawatan cenderung putih polos, kalaupun ada menggunakan warna tambahan, dipastikan bukan warna biru.

Selain bisa dibedakan dari seragam, antara mahasiswa/i keperawatan dengan mahasiswi kebidanan, juga memiliki arah dan profesi yang berbeda. Setelah mahasiswi Akbid menjadi Bidan, maka akan diatur dibawah nauangan organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Sedangkan lulusan Akper atau Fakultas Ilmu Keperawatan akan menjadi Perawat, dikendalikan oleh organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Kedua profesi dimaksud, antara Bidan dan Perawat juga memiliki peraturan dan perundangan yang terpisah. Perawat diatur oleh Undang-Undang Keperawatan, sementara Bidan diatur oleh Undang-Undang Kesehatan dan peraturan menteri kesehatan, yang terpisah dengan profesi Perawat.

Terkait : 3 Fakta Unik Tentang Perawat, Bidan dan Dokter

Melalui tulisan ini, penulis sekali lagi menegaskan kekeliruan dalam peggunaan nama profesi perlu menjadi perhatian oleh pembuat berita atau media online yang menerbitkan, agar bisa mencerdaskan pembaca, juga menghindari berita hoax. Karena media mainstream adalah role model yang menjadi panutan serta menjadi referensi bagi media lokal maupun blog personal. Demikian.(Anton Wijaya)

Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan