Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Satu Perawat Satu Desa, Bakal Menjadi Agenda Nasional

Medianers ~ Letjen TNI (Purn). Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), selaku menteri kesehatan berkunjung ke Sekretariat Graha PPNI, terletak di Jalan Lenteng Agung No. 64 Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada hari Senin 25 November 2019. Kunjungan Menkes, seakan memberi harapan bahwa program, "Satu Perawat Satu Desa," bakal menjadi agenda nasional dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Pantauan Medianers, kedatangan dr.Terawan dan rombongan disambut baik oleh segenap pengurus DPP- PPNI, serta tampak hadir Dr. H. Edy Wuryanto, S.KP., M.Kep. Anggota DPR-RI komisi IX, membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Pada pertemuan bersejarah itu, Harif Fadhillah, sebagai Ketua Umum PPNI mengusulkan kepada Menteri Kesehatan, agar program, satu perawat satu desa, dijadikan agenda nasional.

"Program satu perawat satu desa telah dilaksanakan pilot projectnya pada beberapa daerah di Indonesia. Program tersebut sesuai dengan visi pembangunan sumber daya manusia, yaitu menjadikan SDM yang unggul. Untuk itu, agar diangkat menjadi program nasional," demikian harapan yang disampaikan Harif Fadhillah kepada Menkes, sebagaimana dirilis Infokom DPP-PPNI.

Menkes yang diberi amanah oleh presiden Jokowi, pada bulan Oktober 2019 lalu, menanggapi usulan PPNI dengan baik. Beliau menunjuk jajaran Kemenkes yang hadir dalam pertemuan tersebut, untuk segera mengeksekusi atas program baik dari PPNI dimaksud. “Saya akan mewadahinya, agar bisa terlaksana cita-cita menjadi ‘Perawat Desa’ yang akan bisa menolong masyarakat,” ungkap dr. Terawan Agus Putranto.(AW)

Terkait : Sosok Inisiator Dibalik Program Satu Perawat Satu Desa di Sulawesi Tenggara