Tuesday, July 24, 2012

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke 5

Pertumbuhan janin pada kehamilan  4- 8 minggu dalam buku Sinopsis Obstetri Jilid 1 edisi 2 (1998), karangan Prof. Dr. Rustam Mochtar, MPH adalah, pada kehamilan 4 minggu panjang fetus (janin) 7,5 - 10 mm dan pada kehamilan 8 minggu panjang janin 2,5 cm.

Dalam buku tersebut. Penulis tidak mendapatkan referensi tentang perkembangan janin pada  umur  kehamilan minggu ke 5. Namun, sebagai gambaran, berdasarkan hasil pemerikasaan Ultrasonografi (USG) yang dilakukan dr.Suhadi,SpoG, mungkin pembaca akan mendapat gambaran, tentang berapa panjang janin pada kehamilan minggu ke 5 tersebut.

perkembangan-janin-pada-kehamilan-minggu-ke-5
USG kehamilan minggu ke 5
Perhatikan  garis putus-putus warna merah di atas. Garis tersebut  menunjukan panjang janin 1,27 cm dengan umur kehamilan 5 minggu.

Perkembangan janin minggu ke 5


Menurut buku panduan Prenagen, rentang kehamilan antara 4 sampai 8 minggu, adalah  mulai membentuk organ. Diantaranya:
  1. Jantung janin mulai berdetak
  2. Tangan,kaki, telinga,rongga mata, dan hidung mulai terlihat.
  3. Sistem sirkulasi peredaran darah sudah mulai terbentuk.
  4. Pembuluh saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang juga mulai terbentuk. 
kehamilan minggu 5
Gambar: Janin dalam rahim dengan umur kehamilan 4-5 minggu
Kehamilan minggu ke 5, disebut juga kehamilan trimester 1. Pada kehamilan trimester 1 perkembangan janin bisa terganggu jika asupan gizi berkurang. Sebab, secara alami ibu hamil mengalami pusing, mual dan muntah yang dipengaruhi oleh hormon progesterone,estrogen dan human chorionic gonadotopin (hCG).

Agar gizi janin tidak terganggu, karena mual, muntah tersebut. Ada baiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil, tapi sering dan konsumsi susu, buah dan roti tawar sebagai cemilan.

Untuk kebutuhan nilai gizi yang diperlukan dan obat-obatan yang bisa menunjang perkembangan janin tetap bagus, Medianers sarankan, konsultasi pada ahlinya, di pelayanan kesehatan.







2 comments:

Terima kasih atas waktu dan kunjungan anda. Ditunggu kedatangannya di lain waktu.