Amputasi pada pasien gangren diabetes melitus

Gangren yang harus di amputasi sering di derita oleh pasien diabetes melitus (penyakit gula).Gangren di sebut juga dengan kematian jaringan karena tidak di alirinya darah yang kaya oksigen dan zat makanan ke daerah paling tepi anggota gerak tubuh.
Kenapa tidak bisa di aliri darah ?

Karena kadar gula dalam darah melebihi normal. Kadar gula darah yang melebihi normal,menganggu metabolisme tubuh atau tidak mampunya sel-sel tubuh menggunakan gula dalam darah tersebut menjadi energi yang bisa mengakibatkan konsentrasi glukosa dalam darah menjadi pekat dan sulit mencapai pembuluh darah tepi saat sirkulasi.

Apa dampaknya?
Aliran darah yang berkurang ke perifer(pembuluh darah tepi) dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kematian jaringan.

Dimana lokasi kematian jaringan yang sering terjadi?
Jari-jari kaki, karena anggota gerak tersebut banyak memiliki pembuluh darah kecil (perifer), seperti berikut gambarnya

Photobucket


Gambar diambil dari: http://mud-unowut.blogspot.com/2009/04/eee.html


Apa tindakan medisnya jika hal tersebut terjadi ?

Dapat di lakukan debridement yaitu membuang atau menyayat dengan pisau atau di potong dengan gunting jaringan-jaringan yang telah mati, jika jaringan yang mati terlalu luas maka di lakukan tindakan medis amputasi.

Medianers

Bagaimana cara perawatanya ?

Mempertahankan kematian jaringan tidak meluas dan mencegah terjadinya infeksi dengan cara merawat luka dan menggati verban 2-3 kali sehari.

Apa sebaiknya yang harus di lakukan agar terhindar dari gangren diabetes melitus?

Di mulai dari sekarang bergaya hidup sehat, dengan berolah raga secara teratur, minimal 2 kali dalam seminggu untuk memamfaatkan kadar gula dalam darah menjadi sumber energi sehingga gula dalam darah tidak menumpuk.Apabila anda merasakan tanda dan gejala sering kesemutan pada jari kaki dan tangan, gatal-gatal,sering buang air kecil, sering merasa lapar dan haus, badan terasa lesu dan lemas, sebaiknya periksakan gula darah ke pelayanan kesehatan terdekat.

Berapa gula darah normal?

Gula darah sebelum makan atau puasa : 80-110 mg/dl, sedangkan gula darah 1 jam setelah makan :
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan