Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Akper dan STIKes


Medianers ~ Perbedaan antara Akper dan STIKes adalah terletak pada jurusan atau program studi tersedia. Akper singkatan dari Akademi Keperawatan hanya menyelenggarakan pendidikan Diploma III (D-3) Keperawatan saja. Sedangkan STIKes singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, berbagai jurusan pendidikan kesehatan ada di STIKes, termasuk Diploma III Keperawatan.

Lama pendidikan di Akper hanya 3 tahun. Dan, di Akper juga tidak tersedia program studi lainnya. Sedangkan di STIKes lebih banyak jurusan kesehatan atau program studi yang diselenggarakan. Mulai dari D-3, D-4 hingga program studi S-1.

Program studi di STIKes biasanya ada jurusan S-1 Keperawatan, tambah program profesi Ners, S-1 Kesehatan Masyarakat, S-1 Gizi, D-IV Analis Kesehatan, D-IV Kebidanan dan berbagai pendidikan Diploma III Kesehatan lainnya, seperti D-3 Kebidanan, D-3 Analis Kesehatan, D-3 Keperawatan, dan D-3 Gizi.

Baca juga : Perbedaan S1 Keperawatan dengan Profesi Ners

Kesimpulan, Akper adalah lembaga pendidikan tinggi D-3 keperawatan, yang hanya menghasilkan lulusan D-3 Keperawatan, lulusannya disebut sebagai perawat vokasional. Sedangkan STIKes juga lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan berbagai program studi bidang kesehatan.

Lulusan STIKes tidak hanya Ners, dan perawat vokasional saja. Tapi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM), bidan, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), Ahli Gizi, dan sarjana kesehatan lainnya. (Anton Wijaya)

Baca juga : Beda Perawat Ners dengan Tamatan Akper