Bedah Lipoma - Benjolan Lemak pada kening

Mungkin sobat bosan dengan postingan Kumpulan Askep atau Kumpulan asuhan keperawatan. Untuk itu, sebagai intrumentator bedah di ruang kamar operasi, saya ingin berbagi tentang Bedah Lipoma.


Lipoma tumbuh di kening
Lipoma apa sih? barangkali itu yang tergambar di benak sobat. Berdasarkan yang saya ketahui Lipoma adalah jaringan lemak yang menonjol dan berwarna kuning kemerah-merahan yang memiliki kantong tipis dan terletak dibawah kulit. (Jika salah, mohon beri masukan di kotak komentar).

Sedangkan Bedah Lipoma yaitu mengangkat benjolan lemak. Maksud kata mengangkat adalah membuang dengan menyayat kulit, serta menggunting untuk membebaskan kemudian benjolan lemak dikeluarkan dari tubuh dengan utuh. Setelah diangkat atau dikeluarkan, jaringan kulit yang telah dilukai di jahit kembali.
Bentuk Lipoma yang telah diangkat

Kenapa Lipoma harus dibuang ? Biasanya Lipoma menganggu sipenderitanya, seperti nyeri tekan, kesemutan dan menganggu pemandangan (kecantikan).

Apakah Lipoma bagian dari Tumor Ganas?
Jawabnya tidak!..karena pertumbuhanya lambat dan tidak menjadi ganas. Jika ada benjolan lemak yang ganas disebut juga dengan Liposarkoma.

Perawatan setelah bedah Lipoma?
Sebaiknya gunakan plester anti air, maksudnya jika kena air, bekas luka tidak basah sehingga aktifitas pasien tidak terganggu, seperti mau berwudhu dan mandi. Kemudian ganti verban 1 kali dalam 3 hari dan pada hari ketujuh jika luka operasi sudah membaik maka jahitan bisa dibuka. Semoga bermafaat, jika ada yang perlu di tanyakan atau di diskusikan, mari kita berbagi.
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan